28 Jun 2020, 12:42Penyakit Lainnya

Apakah aman menjual ginjal karena tekanan ekonomi?

L
Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, saya tertarik untuk menjual ginjal saya karna butuh uang. Tapi, sebelumnya, saya penasaran, apakah ini aman dilakukan, dok? Bagaimana tahapan yang harus saya lalui?
59898 Views
11 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang L,Ginjal adalah salah satu organ vital di dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring racun-racun dan zat-zat yang tidak digunakan oleh tubuh. Adanya gangguan pada ginjal yang berakhir dengan gagal ginjal akan menyebabkan tubuh tidak bisa menyaring zat-zat tersebut dan akan menimbulkan berbagai komplikasi.Untungnya manusia memiliki 2 organ ginjal, dan adanya kerusakan salah satu ginjal bisa diatasi oleh ginjal yang lainnya. Hal itu lah yang mendorong seseorang untuk mendonorkan ginjalnya, karena manusia masih bisa hidup dengan 1 organ ginjal saja yang fungsinya baik.

Beberapa syarat yang diperlukan bila seseorang hendak mendonorkan ginjalnya:

  • Usia dalam rentang 18-60 tahun.
  • Tidak merokok. Setidaknya kebiasaan merokok harus dihentikan selama beberapa minggu sebelum prosedur pemeriksaan dan prosedur operasi.
  • Memiliki berat badan yang ideal. Karena adanya kegemukan seringkali disertai dengan penyakit diabetes, hipertensi, kolesterol, dll.
  • Tidak memiliki penyakit menular seperti HIV, Hepatitis B, dll.
Donor ginjal adalah suatu hal yang mulia, namun bila donor ini dilakukan dengan imbalan uang maka termasuk tindak pidana dan bisa di penjara sesuai dengan Undang-Undang no. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan di pasal 64 ayat 3 yang menjelaskan bahwa organ tubuh dilarang diperjualbelikan dengan dalih apapun. Ancaman pidana atas pelanggaran udang-undang tersebut dapat dikenai hukuman pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak 1 milyar.Salam sehat,dr. Vina 
donor ginjalproses donor ginjalgagal ginjal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil