12 Dec 2020, 13:24Gigi & Mulut

Apakah aman mengonsumsi obat sakit gigi kaditic sekali sehari?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, sudah 1 minggu lebih saya mengalami sakit gigi yang tak kunjung hilang. Saya sudah ke dokter dan diberikan asam mefenamat tapi tidak mempan. Kemudian kemarin teman saya menyarankan obat sakit gigi kaditic dan ternyata ampuh dok. Tapi saya baca di internet kyknya obatnya obat keras, apakah aman kalau saya konsumsi sekali sehari untuk menghilangkan sakit gigi saya?
6557 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, FF.Obat sakit gigi kaditic mengandung kalium diklofenak. Tergolong ke dalam OAINS (Obat Anti Inflamasi Non-Steroid), obat sakit gigi kaditic dapat meringankan nyeri ringan sampai sedang. Obat ini juga sering digunakan untuk mengurangi nyeri sendi atau nyeri pasca operasi, maupun nyeri lainnya yang dapat dikurangi dalam jangka pendek.Mengingat obat ini termasuk golongan keras, tidak disarankan mengonsumsi obat ini tanpa resep dokter. Apabila teman Anda yang menyarankan obat ini bukan dokter, maka sebaiknya Anda tetap mengonsumsi asam mefenamat sesuai anjuran dokter Anda. Anda juga dapat melakukan beberapa cara untuk meringankan nyeri gigi:
  • berkumur dengan air garam
  • mengonsumsi bahan alami seperti cengkeh atau bawang putih
  • mengompres pipi dengan handuk dingin
Lalu, perlu dipastian juga apa penyebab sakit gigi Anda sebenarnya. Apabila hal tersebut terjadi karena ada gigi yang berlubang, maka segera konsultasikan ke dokter gigi apabila sakit sudah mereda. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap rongga mulut Anda secara keseluruhan, kemudian dokter akan memberikan terapi yang sesuai, baik tindakan penambalan, pencabutan, perawatan saluran akar, maupun obat-obatan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kesehatan gigisakit gigiantiinflamasi nonsteroid (nsaid)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil