30 Jul 2020, 18:37Penyakit Lainnya

Apakah aman mengonsumsi obat alami kolesterol dengan obat dokter?

KK
Info Penanya: KK0
Dok, selain obat dari rumah sakit ada nggak sih obat alami kolesterol yang bisa saya konsumsi? Apa bisa diminum berbarengan dengan obat dokter?
9848 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam KK,Kadar kolesterol total normal yang disarankan adalah kurang dari 200 mg/dL dengan kadar LDL atau sering disebut kolesterol jahat kurang dari 130 mg/dL dan kada HDL atau kolesterol baik lebih dari 40 mg/dL.Jika kadar kolesterol lebih dari normal maka perlu dilakukan upaya untuk menurunkannya, karena jika kadar kolesterol dalam darah tinggi bisa menimbulkan sejumlah risiko penyakit seperti:
  • Penyakit aterosklorois atau penyumbatan pembuluh darah
  • Penyakit jantung
  • Penyakit stroke
  • Sindrom metabolik
  • Penyakit lainnya
Untuk itu jika kadar kolesterol total tinggi lebih dari 200 mg/dL bisa diberikan obat oleh dokter untuk membantu menurunkannya kembali normal. Selain itu perlu juga dilakukan upaya lain terutama melakukan diet rendah lemak agar kadar kolesterol bisa terjaga. Anda juga dianjurkan untuk menjaga kondisi tubuh dengan rutin berolahraga, perbanyak minum air putih ataupun bisa mengonsumsi makanan yang membantu menurunkan kadara kolesterol.Beberapa bahan makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol sendiri seperti kacang-kacangan terutama kacang merah, almon, kenari, mengonsumsi omega 3 yang juga bisa didapat dari ikan, mengonsumsi gandum, olahan kedelai ataupun minyak zaitan untuk meningkatkan kolesterol baik. Konsumsi makanan ini bisa dibarengi dengan konsumsi obat dari dokter apabila kadar kolesterol tinggi.Lakukan pemeriksaan secara berkala untuk memantau kadar kolesterol Anda apakah masih tinggi atau tidak, agar bisa mencegah risiko penyakit yang bisa terjadi. Periksakan diri pada dokter atau dokter spesialis penyakit dalam jika kadar kolesterol tidak juga turun atau kembali di bawah normal. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
makanan sehattips kesehatankolesterolpembuluh darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil