23 Dec 2020, 23:35Gigi & Mulut

Apakah aman mengonsumsi kaditic untuk gusi bengkak dalam jangka waktu lama?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, gusi saya bengkak sudah 1 minggu saya juga ada gangguan autoimun RA. Sudah 3 hari saya mengonsumsi kaditic untuk obat gusi bengkak sih ampuh dok, tapi apakah ini aman?
420 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, FF.Gusi bengkak adalah sebuah gejala yang umum dialami pada penderita gingivitis. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi pada gusi ataupun gigi. Selain bengkak, gejala lain yang juga mungkin dialami misalnya rasa nyeri, panas, sampai gusi berdarah.Sedangkan kaditic adalah salah satu obat antinyeri yang mengandung kalium diklofenak. Obat ini termasuk ke dalam golongan keras dan tidak seharusnya digunakan tanpa resep dokter. Perlu diketahui bahwa mengonsumsi kaditic dalam jangka panjang dapat menyebabkan efek samping seperti peningkatan tekanan darah, ketidakseimbangan ion-ion tubuh, sampai pembengkakan pada tangan dan kaki.Mengenai riwayat autoimun Anda, maka perlu diketahui obat-obat lain apakah yang juga Anda konsumsi. Walaupun autoimun bukan merupakan kontraindikasi kaditic, tetapi dikhawatirkan ada interaksi antara obat-obat yang Anda konsumsi bersamaan.Kembali kepada gusi bengkak yang Anda alami, berikut adalah beberapa saran yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengurangi gejala tersebut:
  • berkumur dengan air garam
  • kompres pipi dengan handuk dingin
  • konsumsi bahan-bahan alami, misalnya bawang putih atau minyak cengkeh
Apabila keluhan gusi bengkak tidak membaik dalam beberapa hari ke depan, atau disertai perdarahan hebat sehingga menyebabkan gangguan makan, konsultasikan segera kondisi Anda kepada dokter gigi. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
radang gusigusi berdarahobat bebas terbatas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil