Apakah aman mengkonsumsi suplemen kolagen ?

M Info Penanya: M, Wanita, 18 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya? Frozen Collagen itu aman diminum ga ya?. Terima kasih.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, M.

Suplemen collagen yang banyak beredar di pasaran mengandung kolagen, dimana kolagen membantu meremajakan kulit / tampak awet muda. Namun kolagen yang di konsumsi, saat di lambung akan di hancurkan menjadi asam amino agar bisa di serap oleh tubuh.

Asam amino tersebut akan dibentuk menjadi protein namun belum tentu menjadi kolagen kembali, jadi kolagen yang di konsumsi belum tentu menjadi kolagen kembali di kulit. Tubuh sendiri bisa menghasilkan kolagen, bahan dasarnya berasal dari makanan tinggi protein, tinggi vitamin C, A dan E. Jadi saran saya daripada mengkonsumsi suplemen kolagen, perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan dasar pembentukan kolagen oleh tubuh.

Namun jika anda ingin tetap mengkonsumsinya, perhatikan apakah sudah masuk daftar BPOM (bisa confirm ulang ke BPOM untuk memastikan) dan lihat petunjuk pemakaiannya.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seperti namanya facial vampir meliputi pengolesan darah pada wajah dengan platelet

Jangan Tertipu Dengan Kepopuleran Facial Vampir? Ada Risiko Tertular HIV

Popularitas facial vampir terus melejit sejak Kim Kardhasian mengunggahnya 6 tahun silam. Di sisi lain, belum lama ini ada dua pelanggan VIP Salon di New Mexico terinfeksi HIV selesai menjalaninya.