Apakah aman menggunakan sheetmask pada kulit berjerawat?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok, wajah saya memiliki kulit yang cenderung berminyak. Kadang mudah berjerawat. Saya lebih suka menggunakan sheetmask daripada masker bubuk, apakah itu aman dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, N

Terima kasih atas perytanyaan Anda

Jerawat merupakan kondisi peradangan krinus pada folikel rambut yang disbabkan oleh banyak hal. Kondisi ini sering terjadi pada kulit wajah, dahi, dada, bahu bahkan pada punggung. Jerawat dapat pada semua kalangan usia, mulai dari remaja hingga dewasa. 

Sheetmask adalah masker utuk wajah yang berbentuk lembaran seperti kain katun yang sudah diperkaya denagan berbagai macam bahan serta serum untuk wajah. Kandungan sheetmask ini bermacam-macam diantaranya adalah vitamin, asam amino, mineral dan kandungan kandungan lain sesuai dengan jenis dan manfaatnya.

Adapun beberapa manfaat sheetmask untuk wajah adalah sebagai berikut:

  • Merehidrasi kulit wajah yang kering (melembabkan)
  • Mengencangkan kulit
  • Mencegah timbulnya jerawat
  • Menyamarkan garis halus di wajah

Terkait dengan pertanyaan Anda, saat ini sudah banyak pilihan berbagai macam sheetmask untuk jenis kulit berjerawat, seperti yang mengandung tea tree. Penggunaan sheetmask untuk kulit yang cenderung berjerawat sebaiknya perlu di coba terlebih dahulu setidaknya pada bagian pipi. Jika menimbulkan reaksi alergi, rasa panas, kemerahan, gatal, dan tidak menimbulkan tumbuhnya jerawat baru, maka Anda disarankan untuk tidak menggunakannya. 

Konsultasikan dengan dokter spesialis kulit jika memang dirasa jerawat  tidak hilang, atau bahkan bertambah banyak.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Atasi kulit berminyak dengan berbagai jenis masker dari bahan alami

7 Masker Dari Bahan Alami yang Efektif Atasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak dapat menyebabkan kulit kusam hingga berjerawat. Atasi dengan berbagai jenis masker untuk kulit berminyak, mulai dari masker pisang, oatmeal, tomat, hingga lidah buaya. Dapatkan manfaat bahan-bahan alami ini untuk membersihkan kulit wajah Anda yang berminyak dengan efek samping minimal.