Apakah aman meletakkan kaktus sukulen di kamar tidur saat malam hari?

RR Info Penanya: RR
Malam dok, saya baca di internet kalau kaktus sukulen tidak memproduksi karbon dioksida melainkan oksigen saat malam hari. Apakah aman dok, meletakkan kaktus sukulen di kamar tidur saat malam hari? mohon infonya yaa dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RR,

Kaktus dan sukulen adalah salah satu jenis tanaman hias yang mudah untuk dirawat, dimana tidak memerlukan banyak air dan juga bisa diletakan baik di indoor ataupun outdoor. Tanaman ini menyimpan dan menyerap air di batang utamanya jadi tidak perlu sering disiram, cukup 1-2 kali dalam seminggu. Untuk cahaya juga beberapa tidak bisa terkena cahaya matahari langsung terlalu lama.

Karena merupakan tanaman dalam ruangan, beberapa memiliki manfaat selain bisa mempercantik tampilan ruangan juga bisa memiliki manfaat seperti:

  • Membersihkan racun dan menyerap udara kotor di dalam ruangan
  • Menghasilkan oksigen tambahan
  • Membuat membantu memperbaiki mood
  • Mampu membuat lebih kreatif dan lebih produktif
  • dan manfaat lain.

Beberapa tanaman memang melakukan aktivitas di siang hari sehingga menyerap udara kotor ataupun melakukan fotosintesis sehingga menghasilkan lebih banyak oksigen tetapi beberapa tanaman seperti lidah mertua, kaktus natal, lidah buaya justru melepaskan atau menghasilkan oksigen juga di malam hari sehingga tetap aman jika ada di dalam ruangan.

Untuk kaktus dan sukulen sendiri juga aman tetap berada di kamar pada malam hari karena ukurannya yang juga kecil dan tidak menyebabkan perubahan berarti seperti masalah untuk kadar oksigen di dalam ruangan. Yang perlu juga diperhatikan adalah bagaimana mengatur ventilasi agar sirkulasi udara di dalam kamar tetap baik, atau jika menggunakan penyejuk udara agar dijaga kebersihannya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Efek samping kunyit yang dikonsumsi berlebihan tidak boleh diremehkan

Ini Efek Samping Kunyit Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak

Efek samping kunyit dapat muncul apabila dikonsumsi terlalu banyak. Jadi, Anda sebaiknya lebih waspada. Apa saja efek samping kunyit untuk kesehatan?