Apakah aman bius umum pada anak?

AA Info Penanya: AA, Wanita
Apakah aman bius umum untuk anak dengan kasus graham bolong dan karies
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Gigi berlubang adalah keluhan pada gigi yang bisa timbul pada usia berapapun. Pada anak sendiri gigi berlubang merupakan salah satu masalah gigi yang sering timbul. Penyebabnya bisa berupa kebersihan mulut yang kurang terjaga, jarang sikat gigi, mengonsumsi makanan yang manis secara berlebih, ataupun penyakit tertentu yang diderita seperti penyakit asam lambung.

Untuk mengatasi gigi berlubang bisa dengan dilakukan penambalan atau jika sudah tidak bisa dipertahankan maka dilakukan pencabutan gigi. Untuk pencabutan sendiri dilakukan dengan pembiusan terlebih dahulu sering kali dilakukan dengan bius lokal. Tetapi jika ada penyulit atau pada anak sulit kooperatif untuk diam dan membuka mulut maka bius umum menjadi pilihan. Bius umum tentunya memiliki risiko tetapi tetap aman karena dilakukan oleh dokter spesialis anastesi yang sebelumnya sudah dilakukan evaluasi pada kondisi kesehatan anak sehingga prosedur operasi mulai dari pembiusan sampai selesai penanganan bisa berlangsung dengan baik.

Jika merasa takut atau khawatir, konsultasikan kondisi tersebut pada dokter gigi dan dokter ahli anastesi yang akan melakukan penanganan agar dijelaskan lebih rinci mengenai risiko dan teknik yang akan digunakan agar bisa lebih tenang menjalankan prosedur medis pada anak Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Retakan pada gigi dapat membuat lapisan gigi menjadi lebih sensitif terhadap suhu panas dan dingin

4 Penyebab Gigi Ngilu Selain Gigi Sensitif dan Gigi Berlubang

Gigi ngilu dapat menghambat aktivitas, terutama saat makan dan minum. Penyebab gigi ngilu, antara lain gigi retak, resesi gusi, abses gigi, dan radang gusi. Keempat gangguan gigi terebut dapat menyebabkan peradangan pada saraf yang memicu rasa ngilu di gigi.