Apakah aman bius umum pada anak?

AA Info Penanya: AA, Wanita
Apakah aman bius umum untuk anak dengan kasus graham bolong dan karies
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Gigi berlubang adalah keluhan pada gigi yang bisa timbul pada usia berapapun. Pada anak sendiri gigi berlubang merupakan salah satu masalah gigi yang sering timbul. Penyebabnya bisa berupa kebersihan mulut yang kurang terjaga, jarang sikat gigi, mengonsumsi makanan yang manis secara berlebih, ataupun penyakit tertentu yang diderita seperti penyakit asam lambung.

Untuk mengatasi gigi berlubang bisa dengan dilakukan penambalan atau jika sudah tidak bisa dipertahankan maka dilakukan pencabutan gigi. Untuk pencabutan sendiri dilakukan dengan pembiusan terlebih dahulu sering kali dilakukan dengan bius lokal. Tetapi jika ada penyulit atau pada anak sulit kooperatif untuk diam dan membuka mulut maka bius umum menjadi pilihan. Bius umum tentunya memiliki risiko tetapi tetap aman karena dilakukan oleh dokter spesialis anastesi yang sebelumnya sudah dilakukan evaluasi pada kondisi kesehatan anak sehingga prosedur operasi mulai dari pembiusan sampai selesai penanganan bisa berlangsung dengan baik.

Jika merasa takut atau khawatir, konsultasikan kondisi tersebut pada dokter gigi dan dokter ahli anastesi yang akan melakukan penanganan agar dijelaskan lebih rinci mengenai risiko dan teknik yang akan digunakan agar bisa lebih tenang menjalankan prosedur medis pada anak Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu upaya pencegahan cedera gigi dan mulut adalah dengan menggunakan mouth guard

Hindari Cedera Mulut dan Gigi dengan Menggunakan Mouth Guard

Cedera pada gigi, mulut, dan wajah adalah cedera yang paling sering terjadi akibat olahraga. Salah satu upaya pencegahan adalah dengan menggunakan mouth guard atau pelindung gigi. Ada beberapa jenis mouth guard di pasaran, seperti stock mouth guard, boil-and-bite, dan custom made.