Apakah aman bila ibu hamil terpapar cacar?

IJ Info Penanya: IJ
Selamat sore,Mohon informasi, anak saya terkena cacar air, kami hendak mengunjungi rumah adik saya, adik posisi sedang hamil dan adik sudah pernah cacar air saat kecil. apakah aman untuk Ibu dan bayi nya jika saya dan anak saya berkunjung k tempat adik?terima kasih banyak atas informasinya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi IJ,

Cacar air merupakan infeksi virus yang mudah sekali menyebar dan menular terutama bila kondisi seseorang sedang tidak baik. Pada kasus Anda dimana anak Anda sedang cacar, tentunya Anda juga sudah membawa virus cacar tersebut, namun tidak bergejala karena daya tahan tubuh Anda sedang baik. Sedangkan adik Anda yang sedang hamil belum tentu kondisi tubuhnya sedang baik apalagi dalam kondisi hamil, meskipun adik Anda sudah pernah cacar air dan memiliki antibodi, namun paparan cacar air yang kedua kalinya dapat menyebabkan herpes yang sangat berbahaya bagi ibu hamil. Sebaiknya Anda dan keluarga tidak melakukan kunjungan ke rumah adik Anda untuk sementara untuk mencegah penularan virus cacar air ke adik Anda demi kebaikan bersama. Namun bila ada kondisi tertentu yang mengharuskan Anda mengunjungi adik Anda, maka Anda dan keluarga gunakan masker ketika berkunjung ke rumah adik Anda, untuk mengurangi risiko penularan.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Virus cacar air dapat menyebar melalui kontak langsung dengan penderita cacar air

Agar Terlindungi, Pahami Proses Penularan Cacar Air Berikut Ini

Proses penularan virus cacar air bermula dari terpapar bersin penderita cacar hingga kemunculan ruam dua minggu kemudian. Salah satu cara mencegah cacar air adalah menghindari menggaruk kulit.