Apakah akan hamil jika berhubungan 34 hari setelah melahirkan ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Hallo dok .saya mau tanya .saya berhubungan intim dengan suami saya 34 hari setelah melahirkan dan disitu saya dalam keadaan bersih tidak mengeluarkan darah nipas lagi sampai waktu 40 hari setelah melahirkan tapi suami saya ejakulasi diluar tidak didalam .apakah itu akan menyebabkan kehamilan ?Lalu kapan saya bisa pasang kb iud sedangkan saya disuruh bidan disini menunggu menstruasi keluar karna sebelum nya saya ditanya sudah berhubungan atau belum dengan suami saya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, R.

Berhubungan 34 hari setelah melahirkan merupakan keadaan yang dapat menyebabkan kehamilan apabila tidak menggunakan alat kontrasepsi apapun. Sejatinya ada efek kontrasepsi alami yang umumnya didapat dari menyusui secara eksklusif. Namun keadaan tersebut tidak dapat dipastikan karena Ibu menyusui dapat tetap menganali ovulasi pasca nifas. Adapun yang perlu diperhatikan yakni masa nifas yang umumnya berlangsung hingga 6 minggu, jika keluar darah kembali, hindari berhubungan seksual karena dapat meningkatakn risiko infeksi.

Mengenai hubungan yang dilakukan dengan ejakulasi diluar, pada dasaranya tidak dapat mencegah kehamilan sepenuhnya karena masih terdapat cairan pra-ejakulasi yang dapat mengandung sperma dan dikeluarkan tanpa disadari atau tidak terkendali. Sehingga, peluang kehamilan tetap ada. Untuk itu ada baiknya untuk tetap menggunakan bantuan kontrasepsi tambahan seperti kondom jika hendak mencegah kehamilan.

Perihal pemasangan KB IUD yang umumnya disarankan dipasang saat haid bertujuan untuk memastikan keadaan tidak hamil dan mempermudah pemasangan serta mengurangi nyeri akibat prosedur pemasangan karena keadaan mulut rahim sedang terbuka. Ada baiknya untuk mengikuti saran tersebut agar lebih aman. Jika terjadi keterlambatan haid, Anda perlu untuk memastikan terlebih dahulu dengan melakukan test pack. Keterangan lebih lanjut bisa Anda dapatkan dengan berkonsultasi secara langsung dengan dokter Kandungan.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Beberapa kandungan produk perawatan wajah untuk ibu hamil dapat berdampak bagi ibu dan janin dalam kandungan

Perawatan Wajah untuk Ibu Hamil, Ini Daftar yang Sebaiknya Dihindari

Meski sedang hamil, Ibu tentu ingin tetap merawat kulit wajah. Namun, beberapa kandungan dalam produk dan prosedur perawatan wajah untuk ibu hamil sebaiknya dihindari karena bisa berdampak pada kesehatan janin.