28 Nov 2020, 16:47Kandungan

Jenis alat kotrasepsi untuk mencegah kehamilan

FQ
Info Penanya: FQ0
Dok saya mau bertanya, saya dan pasangan saya baru saja menikah, belum berencana memiliki anak, lalu saya menempelkan penis saya kepada vaginanya (istri saya masih perawan dan hanya menggesekkan penis saya diluarnya) lalu cairan vagina keluar dan pasangan saya masih terus melanjutkannya, saya tidak tahu apakah cairan pre-cum saya keluar atau tidak, saya juga tidak sampai ejakulasi, apakah akan menyebabkan kehamilan sedangkan penis saya pun tak pernah memasuki vagina istri saya?
426 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo FQ,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Kegiataan menempelkan penis ke vagina tanpa terjadinya penetrasi disebut petting. Petting ini biasanya dilakukan oleh pasangan yang belum ingin hamil. Saat melakukan petting, vagina dan penis dapat mengeluarkan cairan pelumas yang membantu proses penetrasi agar tidak terjadi perlukaan karena gesekkan.Cairan yang keluar dari penis ini dapat mengandung sperma. Jika terjadi pengeluaran cairan di liang vagina, dalam kondisi tanpa ada penghalang seperti pakaian, kondom, serta wanita sedang dalam masa subur, maka kemungkinan kehamilan bisa terjadi walau sangat kecil. Terlebih Anda tidak melakukan ejakulasi.

Jenis alat kontrasepsi

Jika Anda dan pasangan ingin menunda kehamilan, dapat menggunakan alat kontrasepsi yang ada, antara lain :
  • KB suntik
KB suntik 1 bulan dan 3 bulan. Kandungan esterogen dan progestoran pada KB sunti 1 bulan, menybabkan masih dapat terjadinya menstruasi, sehingga masa subur masih dapat dihitung. Lain halnya dengan penggunaan KB 3 bulan yang dapat memperngaruhi mensruasi.
  • Pik KB
Konsumsi pil KB yang setiap hari, dapat dihentikan kapanpun saat Anda dan pasngan merencanakan kehamilan.KB spiral dapat dipakai jika Anda dan pasangan ingin menunda kehamilan dengan jarak yang lebih lama.
  • Kondom
Penggunaan kondom yang praktis dapat menjadi pilihan alat kontrasepsi bagi Anda dan pasangan.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari." 
seksmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil