Apakah air rebusan kayu manis dapat mengobati diabetes?

IL Info Penanya: IL, Wanita, 33 Tahun
Malam dok,saya mau tanya apakah benar air rebusan kayu manis dapat mengibati gula darah?trima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, IL

Terimakasih telah bertanya di SehatQ

Kayu manis termasuk salah satu rempah-rempahan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kayu manis sering menjadi tambahan pengobatan pada beberapa kondisi medis seperti diabetes melitus (kencing manis), menurunkan risiko penyakit jantng, Alzheimer, serta menurunkan infeksi jamur dan beberapa jenis infeksi bakteri.

Beberapa penelitian mengungkap adanya hubungan antara penurunan kadar gula dengan mengonsumsi kayu manis. Salah satunya menemukan bahwa kayu manis mungkin dapat menurunkan kadar gula darah dan kadar kolesterol. Penelitian lain mengungkapkan kayu manis yang dikonsumsi 2 gram setiap hari selama 12 minggu berturut-turut kemungkinan dapat mengontrol gula darah dan menurunkan tekanan darah pada pasien diabetes. Namun sayangnya, penelitian-penelitian lain tidak menemukan hasil yang sama.

Jika mengonsumsi "kumarin" yaitu kandungan yang ada di dalam kayu manis dalam jumlah berlebihan, Anda berpotensi mengalami gangguan kesehatan, antara lain:

  • Gula darah yang terlalu rendah
  • Iritasi atau luka pada mulut dan bibir
  • Gangguan pernapasan, terutama pada penderita penyaki asma.
  • Memperburu gangguan fungsi hati.

Saran saya lebih baik jika dikonsumsi secara bijak dengan jumlah secukupnya sesuai kebutuhan, untuk menghindari efek samping yang saya sebutkan. Karena masih memerlukan penelitian lebih lanjut terkait manfaat dan efek samping kayu manis, ada baiknya Anda berkonsultasi kepada dokter secara langsung terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Anugerah

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat kayu secang bisa didapatkan dengan menghidangkannya sebagai minuman rempah

Manfaat Kayu Secang Selain Sebagai Campuran Minuman Rempah

Manfaat kayu secang bagi kesehatan masih menjadi topik dalam berbagai penelitian di Indonesia maupun beberapa negara lain. Di Indonesia, kayu secang sering digunakan sebagai campuran minuman rempah. Sedangkan di Cina dan India, kayu ini kerap dipakai dalam pengobatan tradisional.