Apakah air kelapa muda baik untuk ginjal?

KH Info Penanya: KH, Pria, 35 Tahun
Maaf dok mau tanya,Apakah benar air kelapa muda baik untuk ginjal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, KH

Terimakasih telah bertanya di SehatQ,

Air kelapa tidak hanya nikmat di lidah, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah bisa menyehatkan ginjal. Selain kandungan air, kelapa mengandung serat dan sejumlah zat gizi penting. Kandungannya termasuk vitamin dan mineral yang kerap tidak terpenuhi kebutuhannya oleh tubuh. Beberapa di antaranya, yakni vitamin B1, vitamin B7 (asam folat), vitamin C, kalium, natrium, magnesium, mangan, tembaga, selenium, zat besi, dan fosfor.

Air kelapa dapat memberikan manfaat untuk kesehatan ginjal melalui beberapa cara, yaitu:

  • Menstabilkan kadar gula darah. Tingginya kadar gula darah dapat merusak pembuluh darah ginjal. Lama-kelamaan, sistem penyaringan ginjal akan rusak dan mempengaruhi kemampuannya untuk mengeluarkan sisa metabolisme, racun, dan kelebihan cairan dalam tubuh. Konsumsi air kelapa dapat memperbaiki kadar gula darah, sehingga dapat menjaga kesehatan fungsi ginjal.
  • Mencegah batu ginjal. Air kelapa membuat kristal-kristal pembentuk batu ginjal tidak menempel pada ginjal maupun saluran kemih lainya. Jumlah kristal yang terbentuk di dalam urine pun berkurang.
  • Menurunkan tekanan darah. Air kelapa kaya akan mineral kalium (600 mg dalam 240 mL), yang berefek menurunkan tekanan darah, baik pada individu dengan tekanan darah tinggi maupun normal. Ginjal adalah organ yang kaya akan pembuluh darah. Jika seseorang mengalami tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, pembuluh darah ginjal akan rusak dan akhirnya fungsi ginjal pun menurun.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup konsumsi satu gelas per hari. Kandungan kalium yang tinggi di dalamnya dapat menimbulkan hiperkalemia atau kelebihan kalium di dalam darah. Kondisi hiperkalemia ini dapat memicu gangguan irama jantung, yang berpotensi mengancam nyawa.

Semoga bermanfaat penjelasan ini.

Salam sehat,

dr. Anugerah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kemoterapi oral digunakan untuk membunuh sel kanker di dalam tubuh

Mengenal Kemoterapi Oral yang Dijalani Ria Irawan

Kemoterapi oral adalah obat oral untuk membunuh sel kanker di dalam tubuh. Berbeda dengan kemoterapi tradisional, obat ini tidak perlu dijalani di rumah sakit.