Apakah agorafobia itu dan bagaimana mengatasinya?

AW Info Penanya: AW, Pria, 19 Tahun
saya sering pusing. Kadang gelisah, kadang di tempat keramaian tiba" mental saya menurun. Sebelumnya saya pernah kecelakaan.. itu penyakit apa ya dok.? Apa akibat benturan kecelakaan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, AW.

Agorafobia merupakan salah satu jenis gangguan cemas pada manusia dimana penderitanya merasa ketakutan berlebihan di tengah keramaian. Biasanya penderita akan merasa cemas sekali saat banyak orang berkumpul, di tempat umum, atau transportasi umum. Penyebab agorafobia belum diketahui secara pasti, namun diduga adanya kaitan dengan riwayat genetik dengan keluarga yang mempunyai serangan panik, atau adanya trauma saat masa kecil. Gejala yang dialami penderita saat dalam keramaian dapat muncul detak jantung berdebar, seperti mau pingsan, pusing, gemetar, merasa tidak sehat, diare, sakit perut, sesak napas, atau tak dapat mengontrol diri. 

Biasanya penderita agorafobia membutuhkan pendamping yang selalu menemaninya setiap saat untuk menenangkan gejala bila terjadi. Tidak ada cara yang pasti untuk menangani keluhan ini. Namun berkonsultasi dengan Psikiater (Dokter Spesialis Kejiwaan) dapat sangat membantu mengurangi gejala. 

Agorafobia yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan kecemasan yang kronis hingga depresi. Dan ini dapat membahayakn penderitanya ataupun orang sekitar. Penggunaan obat-obatan yang tidak dipantau oleh Dokter Spesialis Kejiwaan pun dapat menyebabkan ketergantungan.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

 

AW
17 May 2019, 14:25
Terimakasih dok sudah mau menjawab pertanyaan saya..Tapi waktu saya sebelum kecelakaan saya gak pernah ngerasa penurunan mental seperti itu. Setelah habis kecelakaan mulai tuh saya jadi gampang panik dan gelisah. Sampai teman saya bilang katanya setelah kecelakaan saya jadi berubah sikap dan sifat, beda ga kaya dulu sebelum kecelakaan. Apa karna faktor trauma pada kecelakaan dok? Atau gangguan otak akibat benturan? Cara penyembuhannya seperti apa dok. Dan ke dokter bagian apakah saya periksa dan konsultasi?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu perbedaan psikolog dan psikiater adalah dalam cara menangani pasien

Sudah Tahu Perbedaan Psikolog dan Psikiater?

Gangguan psikologis perlu untuk segera ditangani karena berdampak pada kehidupan sehari-hari penderitanya. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi psikolog atau psikiater. Namun, perbedaan psikolog dan psikiater tidak hanya sekedar dari wewenang pemberian resep obat saja.