Apakah ada tes keperawanan jika masuk universitas keperawatan

SM Info Penanya: SM, Wanita, 19 Tahun
Dok apakah ada tes keprawanan jika masuk univ keprwatan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang S,

Beberapa waktu kebelakang timbul berita mengenai tes keperawanan sebagai salah satu syarat untuk masuk universitas atau sekolah tertentu tetapi hal ini masih menjadi perdebatan dan tidak diterapkan oleh semua universitas.

Definisi keperawanan sendiri dan untuk membuktikannya masih belum memiliki batas yang jelas. Jika mengaitkan pada mitos yang menganggap selaput dara sebagai penanda keperawanan maka melalui pemeriksaan selaput dara dari segi kesehatan sendiri dapat beragam variasi bentuk dan karakternya.

Selaput dara yang sudah tidak utuh juga dapat timbul tidak hanya karena hubungan seksual tetapi bisa karena cedera, olahraga ataupun aktivitas lain sehingga menjadi bias jika dijadikan patokan. Pemeriksa juga tidak bisa membuat asumsi mengenai penyebab jika mendapatkan adanya selaput dara yang tidak utuh terlebih jika robekan sudah lama terjadi.

Untuk itu beberapa hal yang pasti untuk masuk keperawatan adalah dengan lolos seleksi administrasi, tes tulis dan juga tes lainnya seperti tes kesehatan, tes wawancara, psikotes ataupun tes lain yang ditetapkan oleh universitas, sekolah tinggi atau akademi keperawatan penyelenggara itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Antioksidan adalah sifat molekul yang dapat melawan radikal bebas, atom tak stabil yang dapat memicu penyakit

Apa itu Antioksidan dan Apa Fungsinya untuk Tubuh?

Antioksidan adalah sifat dari senyawa yang dapat melawan radikal bebas. Antioksidan mempunyai peran untuk melindungi tubuh. Beberapa molekul seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C yang terkandung dalam kelompok makanan seperti susu, telur, kacang, wortel dan lainnya. Memiliki manfaat yang berbeda dan baik untuk tubuh.