Apakah ada susu untuk diabetes yang aman?

E Info Penanya: E
Slamat pagi. Salam sehat? Dokter saya mau menanyakan soal diabetes. Stelah operasi kira kira susu apa merek apa ya yang cocok buat penderita diabetes? Dan tidak pengaruh kepada gula darah sama luka operasi(amputasinya). Mohon pencerahannya dok. Trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi. E.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Susu yang berasal dari hewan merupakan jenis susu yang paling sering digunakan terutama susu sapi. Namun, seiring berjalannya waktu, dikembangkanlah susu dari jenis makanan lainnya yakni kacang-kacangan, karena adanya dorongan kebutuhan khusus, seperti alergi susu hewan dan kondisi medis intoleransi laktosa. Berdasarkan komposisinya secara umum susu mengandung protein, lemak dan karbohidat. Setiap jenis susu memiliki komposisi zat gizi yang berbeda-beda, dan dominansi zat gizi masing-masing yang sesuai dengan hakikat asalnya seperti susu kacang yang lebih rendah akan karbohidrat namun kaya akan protein.

Pada penderita diabetes yang harus membatasi asupan gula. tentutanya perlu untuk mengetahui komposisi dan komponen-komponen dominan dari berbagai jenis susu agar dapat memilih jenis susu yang sesuai. Asupan gula yang harus dibatasi pada penderita diabetes identik dengan kandungan karbohidrat pada susu, walaupun bentuk nya dalam susu berbeda (laktosa) dan indeks glikemik (GI) nya tidak terlalu tinggi namun hendaknya untuk tetap memperhatikan kandungan tersebut. Menurut kandungan gizinya, susu beras dan susu sapi memiliki kandungan karbohidrat yang terbanyak. Maka sebaiknya Anda menghindari konsumsi kedua jenis susu tersebut, serta lebih memilih susu yang berasal dari kacang-kacangan seperti susu kedelai dan susu almond. Sebaiknya Anda juga tidak menggunakan pemanis tambahan pada susu Anda.

Jika Anda masih ragu, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter Spesialis Gizi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

menjaga kestabilan gula darah dapat mencegah ulkus dekubitus

Jaga Kadar Gula Darah Normal untuk Hindari Ulkus Dekubitus!

Kadar gula darah normal adalah salah satu prioritas dari penderita diabetes untuk menghindari ulkus dekubitus yang disebabkan oleh diabetes.