Apakah ada saran untuk menambah semangat dan terbebas dari stress?

AZ Info Penanya: AZ
dok, saya anak perempuan usia saya 18 thn ini, saya bingung menceritakan nya dari mana, saya ini broken home sejak kecil dan tinggal bersama keluarga ibu saya karna kepribadian ayah saya yang tidak baik, masa kecil saya sangat tidak menyenangkan bahkan saya tidak ingat apapun dimasa kecil saya, yang saya ingat hanya saat saya merayakan ultah dan tiup lilin pertama pada umur 5thn, dari kecil saya ditinggal ibu bekerja jadi saya tinggal dengan nenek dan tante saya, masa sulit selalu saya dapatkan saya juga pernah jadi korban pelecehan saat kecil saya lupa saat itu umur berapa karna yang saya ingat sampe skrg hanya kejadiannya tapi saya bungkam sampai sekarang. jadi dengan keadaan keluarga yang buruk dan masa masa sulit itu saya tumbuh jadi pribadi kurang baik, bahkan saya konsumsi alkohol dan merokok saat SMP saya hanya memikirkan dan melakukan hal hal buruk. saya pikir dengan keadaan saya itu saya udah ancur jadi diri saya ingin terus selalu menghancurkan, saya seks, alkohol dan pergaulan bebas sampai sekarang semua saya lakukan tanpa sepengetahuan keluarga bahkan saya sangat tidak mau kalo ibu saya mengetahui semuanya, sampai sekarang hanya diri saya sendiri yang mengetahui kondisi saya. semenjak saya masuk SMA saya tinggal serumah bersama ibu saya dan sejak itu saya selalu berusaha jadi yang terbaik saya belajar dan sekolah dengan baik tapi dibelakang itu semua saya tetap melakukan hal hal buruk tanpa sepengetahuan ibu saya. mungkin dokter paham motif anak anak seperti saya melakukan hal hal buruk seperti itu, tapi saya pikir itu makin mempersulit hidup saya, saya sering kali merasa putus asa saya tidak tau lagi gimana buat ngejalanin hidup yang buruk ini, saya marah dengan diri saya sendiri, saya selalu menangis sendirian tanpa orang lain tau, saya menyimpan semua sendiri, saya selalu sedih dan terus memikirkan semuanya,saya seringkali cemas dengan apa yang akan terjadi kedepannya, saya juga harmself sejak SMP, saya juga akhir akhir ini sering berpikir untuk bunuh diri but i can't do that, tapi anehnya saya ini bisa mensupport orang lain saya bisa memahami keterpurukan orang lain karna saya juga paham rasanya. tapi untuk membuat diri saya sendiri baik baik saja dan tenang saya belum bisa sampai sekarang dok. sekiranya begitu yang saya rasakan dok, mohon penjelasan dok dan mohon maaf jika penjelasan saya tidak jelas karna saya benar benar bingung untuk menceritakan semua yg saya rasakan selama ini saya selalu bungkam karna saya terlalu takut dan gak punya keberanian buat cerita sama siapapun. saya takut orang hanya akan meremehkan saya dan mengetahui hal hal buruk saya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, AZ

 

Kami sarankan Anda berkonsultasi langsung ke dokter Psikiatri atau ke Psikolog ya. Karena dengan berkonsultasi langsung dengan para profesional, selain Anda dapat menceritakan kondisi Anda, Anda juga akan dibantu secara menyeluruh agar Anda dapat meningkatkan kualitas hidup Anda. Saat ini, fasilitas asuransi BPJS melayani pasien yang membutuhkan konseling seperti Anda. 

 

Selain itu, beberapa saran dari saya adalah

1. Melakukan hobi yang Anda sukai, misalnya membaca buku, berjalan-jalan atau mendengarkan musik.

2. Mendekatkan diri pada Tuhan

3. Hindari berdiam diri sendirian, carilah teman untuk mengobrol.

4. Hindari merokok, dan meminum alkohol

5. Menulis jurnal untuk mengekspresikan emosi Anda

6. Berolahraga rutin

7. Ceritakan kondisi Anda dengan keluarga terdekat.

8. Hindari dan alihkan keinginan menyakiti diri sendiri karena hal tersebut bukan merupakan penyelesaian masalah yang tepat. 

 

Saya juga menyarankan jangan menunda ke dokter psikiatri atau psikolog ya. 

 

Semoga bermanfaat dan tetap semangat.

Salam Sehat

dr. Karlina Lestari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Di Indonesia, usia legal menikah masih jauh lebih muda, dibanding usia ideal menikah pada pria ataupun wanita

Ini Usia Ideal Menikah! Bisa Jadi Jawaban Kalau Ditanya, "Kapan Kawin?"

Usia legal menikah di Indonesia tergolong sangat muda, yaitu 16 tahun untuk perempuan dan 19 tahun untuk laki-laki. Padahal, usia ideal menikah sebenarnya jauh lebih tinggi, daripada usia tersebut. Pada saat menikah di usia muda, terdapat risiko seperti komplikasi saat hamil, hingga perceraian.