Apakah ada obat untuk mata untuk mengurangi pudarnya penglihatan? saat ini saya sudah punya masalah mata 2.5 kanan, 3 kiri, dan mau pakai obat selain kacamata.

YC Info Penanya: YC, Pria, 35 Tahun
Selamt siang dokter sya mau bertanya apakah mata ada obat nya .skrng2 mata sya pudar pnglihatan sya sudah priksa mata ke dokter mata cman di kasih tetes mata cendo lytrees.dan mata kanan 2.5 kiri 3 .klau malam pnglihatan sya pudar apakah ada obat yg ampuh lgi slain pake kacamata untuk sementara.trimaksih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang YC,

Ada banyak hal yang bisa membuat mata kabur, antara lain:

  • kelainan  bagian pembentuk organ mata, contohnya pada penyakit minus atau plus terjadi perubahan bentuk lensa menjadi semakin cembung atau cekung
  • kelainan karena infeksi dan penyakit 
  • kelainan di persarafan mata
  • penyebab lain

Pada keadaan yang Anda alami yang mengalami perubahan adalah bentuk lensa matanya, sehingga selain memakai kacamata ataupun operasi mata (lasik), tidak ada obat minum ataupun obat tetes yang akan berpengaruh banyak.

Yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki pandangan kabur Anda antara lain:

  • gunakan kacamata secara rutin sesuai yang diresepkan dokter
  • hindari beraktivitas yang memaksa mata untuk bekerja lebih keras, seperti membaca sambil tiduran ataupun di tempat gelap.
  • konsultasikan dengan dokter apabila masih ada keraguan mengenai kondisi anda.

Demikian penjelasan saya,

Salam sehat

dr. patricia oktaviani

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dengan pemeriksaan dini, Anda dapat mengetahui gangguan kesehatan glaukoma yang mengancam

Ketahui Penyebab Glaukoma, Penyakit Mata yang Menyerang Lansia

Glaukoma adalah penyakit mata yang menyebabkan kebutaan dan merusak saraf mata pada lansia. Kebutaan akibat Glaukoma ini bersifat permanen. Faktor risiko glaukoma dapat meningkat pada penderita diabetes, penyakit jantung, darah tinggi, riwayat operasi mata, hingga riwayat keluarga dengan glaukoma.