Apakah ada obat sariawan pengganti albothyl?

SM Info Penanya: SM
Pagi dok, semenjak albothyl tidak dijual lagi saya jadi bingung harus mengobati sariawan pakai apa. Ada rekomendasi kah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SM,

Sariawan adalah masalah pada mulut yang bisa membuat rasa tidak nyaman sampai membuat kesulitan untuk mengonsumsi makanan. Sariawan sendiri bisa terjadi karena beberapa faktor seperti karena trauma pada dinding mulut akibat terbentur, tergigit, terkena sikat gigi ataupun karena penyebab lain, adanya infeksi jamur di mulut, pola makan yang kurang baik, kurangnya asupan gizi, mengalami stres, masalah hormonal, kondisi kesehatan tertentu sepreti penurunan daya tahan tubuh, kehamilan, ataupun bisa karena penggunaan kawat gigi.

Untuk bisa mengatasi sariawan sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti:

  • Perbanyak minum air putih
  • Makan sayur dan buah lebih banyak terutama yang mengandung vitamin C dan B kompleks
  • Menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan rutin menyikat gigi dan berkumur menggunakan obat kumur
  • Berkumur menggunakan air garam
  • Bisa juga gunakan bahan alami seperti madu, minyak kelapa, lidah buaya, mengompres menggunakan es batu, atau bisa gunakan bahan alami lainnya 
  • Apabila penyebabnya infeksi jamur maka bisa diberikan obat jamur tetes ataupun obat jamur minum

Apabila sering kali kambuh atau sariawan bertambah banyak dan luas, maka sebaiknya bisa memeriksakan diri pada dokter ataupun dokter gigi spesialis penyakit mulut untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Apabila ada gigi yang bolong dan tajam, memiliki riwayat maag juga bisa jadi faktor pemicunya, jadi perlu juga diatasi. Upayakan mengonsumsi makanan yang lebih mudah dicerna dan hindari dulu makanan dan minuman yang terlalu manis, asin ataupun pedas. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala kanker lidah tahap awal sering salah dikenali sebagai sariawan biasa

Gejala Kanker Lidah Mirip Sariawan, Apa yang Membedakan?

Gejala kanker lidah tahap awal, seringkali sering disalahartikan sebagai sariawan biasa. Padahal keduanya memiliki perbedaan, kenali apa saja perbedaannya.