Apakah ada obat aborsi yang ampuh?

SL Info Penanya: SL
Dokter, kebetulan saya baru saja mengetahui bahwa istri saya saat ini sedang mengandung usia 2 minggu. Apakah ada obat aborsi yang ampuh yang bisa digunakan tanpa harus kuret dok? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SL

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Aborsi adalah suatu tindakan mengeluarkan janin (hasil konsepsi) sebelum ia mampu bertahan hidup di luar rahim ibu. Sedangkan istilah keguguran merupakan aborsi yang terjadi secara tidak sengaja.

Terdapat 2 jenis aborsi yaitu:

  • Aborsi provokatus medisinalis
    • Suatu aborsi yang dilakukan karena terdapat kondisi khusus berdasarkan indikasi medis yang mana bila tidak dilakukan tindakan abrosi, maka dapat membahayakan keshetan ibu dan atau janin yang dikandungnya.
  • Aborsi provokatus kriminalis
    • Suatu aborsi yang dilakukan tanpa ada indikasi medis tertentu.

Tindakan aborsi memiliki risiko yang beragam bahkan hingga membahayakan nyawa seseorang. Adapun beberapa risiko yang bisa timbul ketika melakukan tindakan aborsi diantaranya berupa adanya sisa jaringan yang tertinggal di dalam rahim, adanya infeksi, adanya kerusakan rahim, adanya perdarahan hebat dan lain sebagainya. Sebaiknya Anda tidak melakukan aborsi karena sesuai dengan undang-undang No.36 Tahun 2009 tentang kesehatan reproduksi, bahwa setiap orang dilarang untuk melakukan aborsi. Terkait dengan obat yang ampuh untuk aborsi, sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi kesehatan janin dan juga kesehatan istri Anda.

Segeralah berkonsultasi dan memeriksan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat, hindari stres dan kelelahan, serta berusahalah untuk tetap mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang seimbang.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kandidiasis vagina adalah infeksi jamur yang menyebabkan iritasi, rasa gatal, dan perih di daerah kewanitaan

Daerah Kewanitaan Gatal dan Perih karena Kandidiasis Vagina, Lakukan Langkah Ini!

Kandidiasis vagina adalah infeksi jamur yang menyebabkan iritasi, gatal, dan keputihan pada vagina. Untuk menghilangkan rasa gatal dan perih di vagina, Anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti minyak teh pohon atau tea tree oil, yogurt alami, dan suplemen probiotik.