Apakah ada masalah jika menikah berbeda umur 15 tahun?

MF Info Penanya: MF, Wanita
Dok saya mau tanya,dok apakah ada masalah ketika ingin menikah berbeda umur yg sangat jauh dan calon suami saya 35 tahun dan saya 20 tahun
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MF,

Jika yang Anda maksud adalah masalah mengenai kesuburan atau akankah perbedaan usia 15 tahun akan menyebabkan seseorang susah mendapat momongan, maka selama pasangan masih dalam masa produktif, maka hal ini bukanlah suatu masalah.

Calon suami yang berusia 35 tahun dan Anda yang berusia 20 tahun keduanya masih sama-sama dalam masa produktif, dan hal ini masih sangat besar kemungkinannya untuk mendapatkan momongan, terlebih usia Anda yang masih sangat muda.

Kecuali ada gangguan siklus haid seperti tidak teratur, sering mengeluh nyeri di perut bagian bawah, dll maka harus segera dicari tahu apa penyebabnya dan diatasi sesegera mungkin agar tidak menghambat program hamil.

Keberhasilan terjadinya kehamilan juga dipengaruhi oleh waktu berhubungan yang tepat yakni ketika masa subur wanita, posisi ketika berhubungan seksual, berat badan ideal, dan pola hidup yang dijalani Anda berdua.

Hindari kecemasan, karena cemas/ stres juga dapat mempengaruhi kesuburan seseorang.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat masturbasi tak hanya bisa dirasakan oleh pria

Serba-Serbi Masturbasi yang Sering Dianggap Tabu

Dalam dunia medis, masturbasi merupakan hal yang normal dan wajar dilakukan oleh pria dan wanita. Masturbasi bisa menjadi masalah apabila dilakukan secara berlebihan hingga mengganggu kehidupan sehari-hari.