Apakah ada masa subur pada pria

RA Info Penanya: RA, Pria, 30 Tahun
Selamat pagi dok sya pria umur 30 thun, sdah menkah sdah 1 thun tpi blum dkaruniani anak,, apakah ad jga msa sbur pada pria ?Klau ad skitar brapa blan dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RA,

Masa subur pada pria sendiri memang ada tetapi beda dengan masa subur wanita yang datang setiap bulannya. Masa subur pada pria sendiri adalah usia dimana tingkat kesuburan terbaik ataupun dapat menurun dimana pada usia 25-35 tahun adalah usia keseburan terbaik pria dan menurun setelah usia 40 tahun.

Apabila sudah menikah lebih dari 1 tahun dan rutin melakukan hubungan seksual maka ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan kesuburan bagi Anda dan juga pasangan agar diketahui apa yang menjadi permasalahannya dan bisa memulai program hamil yang tepat bagi Anda dan pasangan. Dimana pada pria bisa diperiksakan pada dokter spesialis andrologi dan perempuan bisa memeriksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Pada pria sendiri akan dilakukan pemeriksaan analisa sperma untuk menilai apakah kualitas sperma baik untuk bisa membuahi sel telur. Selain itu juga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan tambahan lain seperti pemeriksaan USG untuk melihat ada tidaknya kelainan pada organ reproduksi yang bisa berpengaruh pada kualitas sperma seperti misalnya adanya pelebaran pembuluh vena di skrotum atau yang disebut dengan varikokel.

Kami juga menyarankan untuk membaca artikel kesehatan kami mengenai cara meningkatkan kesuburan.

Semoga bermanfaat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi vitamin E untuk kesuburan tidak boleh melebihi kadar 1000 mg dalam seharinya

Sedang Program Hamil? Ketahui Khasiat Vitamin E untuk Kesuburan

Biasa dikenal sebagai vitamin yang baik untuk kulit, ternyata juga ada khasiat vitamin E untuk kesuburan. Asupan vitamin E pada dosis yang sesuai dapat berperan penting bagi kesuburan pria dan wanita.