Apakah ada makanan atau kegiatan tertentu untuk glaukoma?

W Info Penanya: W, Wanita, 17 Tahun
dok apakah ada makanan atau kegiatan tertentu yang bisa mengurangi atau menyembuhkan glaukoma?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, W

Terima kasih atas pertanyaannya.

Beberapa perubahan gaya hidup dan terapi bisa dilakukan di rumah untuk menjaga tekanan tinggi di mata dan meningkatkan kesehatan mata. Makanan sehat dapat membantu kesehatan mata namun tidak mencegah glaukoma semakin berat. Antioksidan seperti Vitamin A, C dan E penting untuk kesehatan mata, begtu juga Zinc, Magnesium, Kalsium dan Selenium. Nutrisi yang baik berperan dalam mencegah penyakit dan kesehatan, tapi bukan sebagai pengobatan glaukoma. Hati-hati menggunakan suplemen karena herbal seperti ginkgo dan bilberry malah meningkatkan resiko perdarahan.

Olahraga teratur namun sebelumnya pastikan dulu dengan Dokter Spesialis Mata jenis olahraga yang diperbolehkan. Membatasi kopi dan sering minum (jangan sekaligus banyak).  Tidur menggunakan bantal dengan kepala sedikit naik sekitar 20 derajat bisa mengurangki tekanan di mata. Latihan mengurangi stres seperti meditasi. Berikut artikel mengenai gejala glaukoma akut untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa penyebab mata berair, seperti mata kering hingga peradangan pada kelopak mata

Ragam Penyebab Mata Berair yang Patut Diwaspadai

Anda mungkin kerap mengalami mata berair. Beberapa kondisi mata berair memang tidak perlu dicemaskan. Hanya saja, apabila diiringi dengan gejala lain, mata berair wajib diwaspadai dan memerlukan penanganan dokter. Ada beberapa kondisi mata, yang menjadi penyebab mata berair, seperti mata kering, hingga peradangan pada kelopak mata.