Apakah ada efek samping dari konsumsi habbatus sauda?

NH Info Penanya: NH, Wanita, 21 Tahun
Apakah ada efek samping jika rutin mengonsumsi habatustsauda tanpa ada penyakit?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NH,

Habbatussauda atau jintan hitam adalah rempah yang diambil dari tanaman Nigella sativa yang banyak ditemukan di Asia Barat, Timur Tengah dan Eropa Timur. Beberapa penelitian mencoba untuk membuktikan khasiat dari jintan hitam ini dimana dipercaya mampu berkhasiat untuk asma, diabetes, hipertensi, untuk kesehatan kulit, membantu mengatasi infertilitas pada pria, mengurangi nyeri pada radang sendi dan khasiat lainnya.

Jika dikonsumsi dalam jangka panjang belum ada efek samping yang pasti ditimbulkan tetapi jika melebihi jumlah yang biasa digunakan atau dikonsumsi setiap hari dalam waktu lama bisa menimbulkan sejumlah gangguan seperti gangguan ginjal dan organ hati, bisa berinteraksi dengan obat lain seperti dengan obat penurun tekanan darah atau obat pengencer darah yang bisa membuat obat menjadi kurang khasiatnya ataupun bisa menjadi berlebihan khasiatnya, pada ibu hamil juga bisa mengganggu rahim.

Jika memang tidak ada penyakit ataupun permasalahan, jintan hitam dapat digunakan sebatas untuk rempah masakan agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan dalam jangka panjang. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tak hanya sebagai bumbu dapur, manfaat ketumbar juga baik bagi kesehatan tubuh

Tak Hanya untuk Bumbu Masakan, Ini Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

Tidak hanya sebagai bumbu dapur, manfaat ketumbar bagi kesehatan adalah dapat mengurangi risiko kanker, redakan nyeri, hingga mendetoks racun dalam tubuh.