Apakah ada efek samping dari cek sumsum tulang belakang?

WI Info Penanya: WI, Wanita, 30 Tahun
Dok, saya didiagnosis menderita thalasemia dari usia 9 tahun, sekarang saya usia 22 tahun. Mau tanya, pemeriksaan cek sumsum tulang belakang itu seperti apa ya, dok? Apakah ada efek sampingnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, WI.

 

Thalasemia merupakan kelainan darah yang diturunkan dari orang tua yang menderita thalasemia. Baik orang tua tersebut bergejala ataupun tidak. 

Gejala yang ditimbulkan pada penderita thalasemia adalah sebagai berikut:

  1. Lemas.
  2. Pusing.
  3. Kulit pucat.
  4. Tidak nafsu makan.
  5. Sulit berkonsentrasi.
  6. Jantung berdebar-debar.
  7. Sesak napas.

Pada pasien thalasemia terjadi anemia atau kurang darah sehingga dibutuhkan transfusi darah berulang untuk menambah sel darah yang kurang bahkan pada thalasemia yang berat akan dilakukan transplantasi sumsum tulang. Sebelum dilakukan transplantasi sumsum tulang biasanya dilakukan pemeriksaan sumsum tulang belakang terlebih dahulu untuk mengetahui kadar sel darah pada sumsum tulang belakang yang merupakan pabrik dari produksi sel darah. 

Prosedur dari pemeriksaan sumsum tulang adalah mengambil contoh sel sumsum dan sedikit tulang untuk diperiksa dilaboratorium. 

Efek samping yang mungkin akan muncul dalam pemeriksaan sumsum tulang adalah sebagai berikut:

  • Perdarahan.
  • Infeksi.
  • Bengkak dan sakit pada area bekas dilakukan tindakan.
  • Demam.

Jika setelah dilakukan prosedur pemeriksaan sumsum tulang namun mengalami efek samping segera konsultasikan kepada dokter penyakit dalam konsultan hematologi ya.

Untuk mencegah terjadinya efek samping dari tindakan yang dilakukan harus meningkatkan daya tahan tubuh seperti makan makanan yang sehat dengan memperbanyak sayur dan buah, olahraga dengan teratur, banyak minum air putih dan hindari stres agar tidak memperparah penyakit.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses pembekuan darah mulai terjadi ketika ada pembuluh darah yang robek ketika Anda terluka

Begini Proses Pembekuan Darah Sehingga Perdarahan Terhenti pada Luka

Proses pembekuan darah adalah upaya tubuh dalam mencegah perdarahan besar yang berbahaya. Jika ada kelainan pada sistem yang mengontrol pembekuan darah, dampaknya adalah komplikasi yang membahayakan nyawa.