Apa penyebab benjolan kecil di leher kiri?

A Info Penanya: A
Saya mau nanya...d leher kiri adik saya ada benjolan.kemarin ga keliatan benjolannya,cuma pas d pegang kerasa.kalo sekarang aga timbul gitu keliatan benjolannya...Trus dia juga ngerasa kalo nelan sakit
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Benjolan pada leher dapat disebabkan oleh beragam penyebab dimana yang tersering adalah karena pembesaran kelenjar getah bening. Pembesaran kelenjar getah bening sendiri bisa disebabkan oleh infeksi lain yang terjadi pada tubuh seperti misalnya infeksi saluran pernapasan. Selain itu penyebab benjolan pada leher bisa timbul karena infeksi kelenjar getah bening, benjolan lemak, ataupun adanya kista. Jika letaknya di leher depan bisa juga disebabkan oleh kelenjar tiroid yang membengkak.

Untuk itu perlu juga diperhatikan gejala apa yang menyertainya dan karakter dari benjolan tersebut. Jika ada nyeri menelan bisa juga disebabkan oleh radang tenggorokan dimana benjolan akan menghilang dengan sendirinya ketika radang tenggorokan sudah teratasi. Untuk lebih pastinya juga bisa diperiksakan pada dokter sehingga bisa diketahui apa yang menjadi penyebabnya. Nantinya baru ditentukan penanganan apa yang perlu diberikan. 

Upayakan untuk mengonsumsi lebih banyak air putih, hindari makanan yang berminyak, minuman dingin dan juga bisa konsumsi paracetamol untuk sementara. Cukupi juga kebutuhan istirahat dan makan makanan yang bernutrisi terutama yang kaya vitamin dan mineral. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)