Apakah ada bahaya dari penggunaan henna di kulit?

RL Info Penanya: RL
Dokter, saya kebetulan akan menikah dalam waktu dekat dan berniat untuk memakai henna di tangan. Apakah ini aman untuk kesehatan kulit dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam RL,

Henna adalah bahan pewarna yang digunakan untuk membuat hiasan pada tubuh, salah satunya adalah hiasan seperti tato ataupun untuk riasan pada pengantin pernikahan. Kelebihan dari henna adalah sifatnya yang tidak permanen dan bisa hilang setelah periode waktu tertentu.

Henna dihasilkan dari daun tanaman henna yang kemudian dikeringkan dan dijadikan pasta pewarna. Meskipun begitu, henna bukan tanpa bahaya. Henna dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit ataupun peradangan kulit atau istilahnya dermatitis kontak.

Reaksi alergi bisa ringan mulai dari rasa gatal, kemerahan, sampai yang lebih berat sepeti melepuh, pecah pecah, dan bengkak. Jika reaksi alergi lebih berat bisa menimbulkan reaksi anafilaktik yang bisa membahayakan jiwa. 

Agar penggunaan henna lebih aman perlu diperhatikan beberapa hal seperti:

  • Lakukan tes apakah alergi atau tidak dengan menggunakan henna di lapisan punggung tangan selama beberapa saat misalnya 1 hari sebelumnya
  • Jika timbul reaksi alergi segera hapus henna dan konsumsi obat antihistamin
  • Menghapus henna dapat dilakukan dengan merendam kulit pada air garam, gunakan air hangat, gunakan scrub, gunakan baking soda ataupun air perasan lemon

Jika timbul gejala alergi segera periksakan diri pada dokter ataupun jika timbul gejala alergi yang lebih berat seperti sesak, mata bengkak, bibir bengkak dan napas berbunyi sampai pingsan segera ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya bulu kucing sebenarnya bukan toksoplasmosis, melainkan alergi dan kutu

Mitos dan Fakta Bahaya Bulu Kucing yang Perlu Diluruskan

Meski tidak menyebabkan toksoplasmosis, bahaya bulu kucing tidak bisa disepelekan karena tetap dapat menimbulkan alergi hingga penyakit yang berhubungan dengan kutu.