Apakah ada bahan pengganti santan yang sehat?

RL Info Penanya: RL
Pagi dokter, kebetulan ayah saya itu mengidap kolesterol yang cukup tinggi namun suka sekali mengkonsumsi makanan dengan kandungan santan. Apa ada solusi pengganti santan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RL,

Santan adalah olahan kelapa yang digunakan sebagai bahan masakan dimana memberikan rasa gurih dan juga aroma yang menggugah selera. Meskipun demikian, santan memiliki beragam bahaya bagi kesehatan seperti meningkatkan berat badan, menimbulkan masalah pencernaan, bisa memicu alergi, meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Pada bulan puasa seperti ini, ada beragam makanan yang menggunakan santan yang sangat menarik seperti kolak, opor, gulai, es cendol, dan beragam bahan makanan terutama sebagai takjil untuk berbuka puasa. Agar dapat tetap sehat terlebih pada masa pandemi ini, kita bisa mengolah bahan makanan yang menggunakan santan dengan bahan pengganti santan yang tidak kalah sedap seperti:

  • Susu kacang seperti kedelai dan susu almond
  • Susu beras
  • Susu gandum
  • Yoghurt 
  • Susu sapi
  • Tahu sutra

Kalori dan kadar nutrisi dari bahan pengganti ini pun tidak kalah sehat dan juga memiliki kadar total lemak yang lebih rendah dari santan sehingga bisa lebih sehat tanpa mengurangi cita rasa dari olahan makanan tersebut. 

Apabila orang tua Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi ada baiknya juga melakukan diet untuk menurunkan kolesterol dengan menghindari pantangan makanan yang dilarang pada penderita kolesterol tinggi.

Jika tidak dikelola dengan baik dapat meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah seperti stroke, serangan jantung dan penyakit lain seperti diabetes. Periksakan juga pada dokter jika kadar kolesterolnya tinggi agar diberikan pengobatan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bakteri yang menguntungkan manusia sebagian besar tinggal di bagian usus

Hidup Harmonis di Tubuh, Ternyata Ada Bakteri yang Menguntungkan Manusia

Tak semua bakteri itu jahat. Beberapa di antaranya diperlukan manusia dan hidup harmonis di dalam tubuh. Bakteri yang menguntungkan manusia tersebut bahkan juga dapat melawan penyakit, lho.