16 Jul 2020, 19:41Penyakit Lainnya

Apakah acetaminophen boleh dikonsumsi saat program KB?

RR
Info Penanya: RR0
Dok saya sedang melakukan program KB, namun akhir-akhir ini payudara saya terasa nyeri seperti ada ASI di dalamnya. Apakah boleh mengonsumsi acetaminophen untuk meredakan nyerinya dok?
8980 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang RR,Acetaminophen adalah salah satu obat pereda nyeri yang memiliki kemampuan mengatasi nyeri ringan-sedang dan juga menurunkan demam. Acetaminphen dikenal juga dengan nama parasetamol yang tersedia dalam beragam merk obat, baik sediaan tunggal ataupun campuran.Saat sedang menggunakan kontrasepsi terutama kb hormonal, tidak jarang menimbulkan sejumlah efek samping seperti nyeri payudara, sakit kepala, mual atau muntah, peningkatan berat badan dan efek samping lainnya.Jika menggunakan KB dan mengalami rasa nyeri, mengalami demam ataupun sakit kepala bisa mengonsumsi parasetamol. Parasetamol sendiri dikonsumsi 1 tablet setiap kali minum dengan dosis untuk dewasa 500mg setiap kali minum dan dapat diminum 3 kali sehari.Parasetamol juga bisa menimbulkan sejumlah efek samping seperti:
  • Reaksi alergi
  • Ruam kulit
  • Masalah pencernaan
  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Reaksi alergi berat
Jadi sebisa mungkin diminum saat nyeri tidak tertahan saja, hindari jika memiliki riwayat alergi terhadap parasetamol dan minum sesuai dosis agar tidak berlebihan dan terjadi overdosis. Jika nyeri tidak membaik, periksakan pada dokter untuk penanganan selanjutnya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
pereda nyerikontrasepsiminum obat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil