Apakah acetaminophen boleh dikonsumsi saat program KB?

RR Info Penanya: RR
Dok saya sedang melakukan program KB, namun akhir-akhir ini payudara saya terasa nyeri seperti ada ASI di dalamnya. Apakah boleh mengonsumsi acetaminophen untuk meredakan nyerinya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RR,

Acetaminophen adalah salah satu obat pereda nyeri yang memiliki kemampuan mengatasi nyeri ringan-sedang dan juga menurunkan demam. Acetaminphen dikenal juga dengan nama parasetamol yang tersedia dalam beragam merk obat, baik sediaan tunggal ataupun campuran.

Saat sedang menggunakan kontrasepsi terutama kb hormonal, tidak jarang menimbulkan sejumlah efek samping seperti nyeri payudara, sakit kepala, mual atau muntah, peningkatan berat badan dan efek samping lainnya.

Jika menggunakan KB dan mengalami rasa nyeri, mengalami demam ataupun sakit kepala bisa mengonsumsi parasetamol. Parasetamol sendiri dikonsumsi 1 tablet setiap kali minum dengan dosis untuk dewasa 500mg setiap kali minum dan dapat diminum 3 kali sehari.

Parasetamol juga bisa menimbulkan sejumlah efek samping seperti:

  • Reaksi alergi
  • Ruam kulit
  • Masalah pencernaan
  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Reaksi alergi berat

Jadi sebisa mungkin diminum saat nyeri tidak tertahan saja, hindari jika memiliki riwayat alergi terhadap parasetamol dan minum sesuai dosis agar tidak berlebihan dan terjadi overdosis. Jika nyeri tidak membaik, periksakan pada dokter untuk penanganan selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mekanisme kerja antibiotik adalah menghentikan bakteri berkembang biak sekaligus menghancurkannya

Bagaimana Mekanisme Kerja Antibiotik Agar Ampuh Lawan Bakteri?

Sebelum minum antibiotik, pastikan infeksi yang dialami memang disebabkan karena bakteri. Mekanisme kerja antibiotik bisa saja gagal membunuh bakteri apabila tubuh seseorang mengalami resistensi.