Apa yg harus saya lakukan??

AP Info Penanya: AP, Wanita, 22 Tahun
Dok kemarin malam saya tidur pas bangun saya kaget adik laki laki saya memasukan tangannya di dalam celana saya apa yg harus saya lakukan ter hadap adik??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AP.

Terimaksih atas pertanyaan Anda.

Pembahasan mengenai seks seringkali dianggap tabu dan dihindari. Padahal, pendidikan seks pada anak merupakan hal yang penting diberikan untuk bekal kehidupan mereka di masa yang akan datang. Peran orang tua dan keluarga terdekat sangatlah penting dalam memberikan pendidikan seks yang baik untuk menghindarkan anak dari risiko dampak negatif pergaulan bebas.

Sebagai orang tua, mungkin masih terasa canggung dan sulit untuk mencari cara yang sesuai untuk memberikan pendidikan seks pada anak. Karena itu, ada baiknya untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan psikolog guna membantu mencari cara yang tepat dalam menyampaikan pendidikan seks yang dapat disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin anak.

Menurut pendapat ahli yang dalam hal ini merupakan Psikolog Anak, pendidikan seks dapat diberikan sedini mungkin. Tentunya materi pendidikan yang diberikan akan dilakukan bertahap seiring pertambahan usia anak. Sebagai contoh, anak yang berumur dua tahun yang sudah memulai untuk toilet training perlu untuk dibiasakan menutup pintu pada proses tersebut, agar memberikan persepsi bahwa aktivitas tersebut merupakan aktivitas yang bersifat pribadi. Seiring pertambahan usia, anak akan diberikan pemahaman tentang jenis kelamin serta bagian-bagian tubuh pribadinya yang tidak boleh disentuh orang lain, terutama yang berjenis kelamin berbeda. Selanjutnya, pada saat anak memasuki usia pra-pubertas akan disiapkan materi yang lebih lanjut seperti pembahasan mengenai organ reproduksi dalam rangka mempersiapkan anak memasuki usia remaja dan masa pubertas.

Terkait dengan pertanyaan Anda, sebaiknya Anda mendiskusikan hal ini dengan orang tua dan mulai untuk merencanakan pemberian pendidikan seks yang disesuaikan dengan usia adik Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pengertian secara baik-baik, dan hindari menghakimi adik Anda. Jika Anda dan orang tua mengalami kesulitan dalam menjelaskan topik sensitif tersebut, sebaiknya mintalah bantuan tenaga profesional untuk membantu memberikan pendidikan seks yang mudah dipahami agar dapat diterima anak dengan baik.

Berikut saya lampirkan artikel terkait "pendidikan seks untuk anak" sebagai informasi yang lebih lengkap untuk Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan mengisap jempol tidak dapat dihilangkan secara instan, melainkan perlahan-lahan

Cara Menghilangkan Kebiasaan Mengisap Jempol pada Anak

Jika kebiasaan mengisap jempol jika dibiarkan akan berdampak buruk bagi perkembangan psikis dan gigi anak. Para ahli di bidang psikologi, pediatrik, dan kedokteran gigi anak menjelaskan bahwa ada beberapa cara menghilangkan kebiasaan mengisap jempol pada anak.