Apa yang perlu diketahui saat melahirkan prematur?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Hai dok, saya sedang hamil 7 bulan saat ini. Karena berat badan dan usia saya yang sudah memasuki 39 tahun, banyak orang yang bilang saya kemungkinan akan melahirkan prematur. Apa itu berbahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang SA,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kelahiran prematur adalah kelahiran yang terjadi sebelum minggu ke-37 atau lebih awal dari hari perkiraan lahir. Kondisi ini terjadi ketika kontraksi rahim mengakibatkan terbukanya leher rahim (serviks), sehingga membuat janin memasuki jalan lahir.

Minggu terakhir masa kehamilan merupakan masa yang penting dalam pembentukan tahap akhir berbagai organ vital, termasuk otak dan paru-paru, serta proses peningkatan berat badan janin. Oleh sebab itu, bayi yang lahir prematur berisiko mengalami gangguan kesehatan karena kondisi organ tubuh yang belum sempurna, sehingga membutuhkan perawatan intensif.

Penyebab kelahiran prematur terkadang tidak diketahui, namun pecahnya air ketuban merupakan salah satu penyebab utama kelahiran prematur. Penyebab lainnya seperti kesehatan ibu seperti preeklamsia, stress, dan faktor kehamilan seperi kelainan posisi plasenta, kehamilan kembar, dll

Beberapa gejala kelahiran prematur :

  • Sering nyeri di punggung bagian bawah
  • Kontraksi yang muncul tiap 10 menit
  • Kram perut bagian bawah
  • Keluar cairan dan lendir vagina yang semakin banyak
  • Perdarahan vagina

Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan Anda atau kunjungi rumah sakit terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menanti hingga pembukaan saat melahirkan lengkap sempurna merupakan sebuah proses yang panjang dan cukup menyakitkan

Deg-Degan Menunggu Pembukaan Saat Melahirkan, Ini yang Sebenarnya Terjadi

Menunggu pembukaan saat melahirkan adalah saat-saat menegangkan bagi calon ibu. Persiapkan diri sebelum menjalani proses persalinan dengan informasi yang cukup agar Anda tidak tegang dalam menyambut kelahiran sang buah hati.