16 May 2019, 15:07Pernapasan

Apa yang menyebabkan terjadinya mimisan pada anak ?

RA
Info Penanya: RA, Pria, 19 Tahun
Dok saya ingin bertanya , anak saya usia 10 tahun, apa penyebab anak sering mimisan,padahal kegiatan hanya sekolah,dan porsi main pun tidak banyak, terima kasih dok
13454 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Selamat pagi, RA.   Mimisan atau epistaxis merupakan perdarahan spontan dari dalam hidung. Mimisan sering dijumpai pada anak dan angka kejadian epistaksis menurun setelah pubertas. Epistaksis berulang selalu menimbulkan kecemasan pada orang tua dan seringkali menjadi keluhan yang menyebabkan seorang anak dibawa berobat ke unit rawat jalan. Diagnosis dan penanganan epistaksis bergantung pada lokasi dan penyebab perdarahan.   Kebanyakan kasus epistaksis (80%-90%) merupakan idiopatik (tidak diketahui penyebabnya). Epistaksis idiopatik berulang adalah perdarahan dari hidung dan berulang, self limiting (sembuh sendiri), yang penyebab spesifik tidak diketahui.   Penyebab epistaksis dapat berupa penyebab lokal maupun sistemik. Penyebab lokal termasuk epistaksis idiopatik (tidak diketahui), trauma (patah tulang hidung, mengorek hidung terlalu keras), inflamasi, neoplasia/tumor, vaskular, iatrogenik, kelainan struktural, dan obat-obatan seperti semprot hidung, benda asing di hidung. Penyebab sistemik berupa kelainan hematologi (hemofilia, leukemia), lingkungan (temperatur, kelembaban dan ketinggian).   Pertolongan pertama saat anak mimisan:
-Posisikan anak dengan kepala agak menunduk, untuk menghindari anak tersedak.
-Memencet hidung bagian depan selama 10-15 menit, selama pemencetan anak bernapas lewat mulut, bisa di ulang. Jika tidak berhenti sebaiknya kunjungi dokter.
   Diagnosis ditegakkan berdasarkan anamnesis, pemeriksaan fisis, dan pemeriksaan penunjang. Pemeriksaan penunjang sesuai dengan indikasi dapat yaitu pemeriksan laboratorium darah, radiografi. Sebaiknya ke dokter spesialis THT untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Segera ke rumah sakit jika:
-Mimisan berulang
-Mimisan tidak berhenti dengan penekanan
-Mimisan berlangsung hebat hingga menimbulkan penurunan kesadaran
-Mimisan disertai sumbatan jalan napas (sesak)
 Semoga bermanfaatSalam sehatdr. Supiah S.D Sangadji
mimisanhidung berdarahgangguan pernapasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil