Apa yang menyebabkan seseorang merasa pusing dan lemas ?

AS Info Penanya: AS, Pria, 19 Tahun
Dokter saya ingin bertanya udah hampir 2 minggu kepala saya tersa pusing tapi saya sudah periksa kepetugas kesehtan katanya darah saya normal... saya lemas pusing saya gak mau hilang udah minum tambah darah gak ada perubahan dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AS.

    Pusing merupakan suatu sensasi seperti melayang, merasa hilang keseimbangan, perasaan lingkungan berputar. Sementara lemas merupakan kondisi dimana seseorang merasa tidak bertenaga.

    Selain hipotensi (tekanan darah rendah) dan anemia, penyebab pusing dan lemas lainnya seperti hipoglikemia (gula darah rendah), infeksi kuman (virus, bakteri, dll), vertigo, migrain, gangguan di mata (mata rabun, astigmatisme, dll), gangguan irama jantung, efek samping obat,  dehidrasi ataupun stres berlebihan.

Gejala yang anda rasakan tidaklah spesifik, Untuk mengetahui secara pasti penyebab dan diagnosis dari keluhan anda, sebaiknya ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut yakni anamnesa (tanya-jawab), pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang sesuai indikasi, sehingga terapi yang diberikan sesuai.

Pengobatan sementara yang dapat anda lakukan :

  • Istirahat cukup dengan tidur 6-8 jam pada malam hari
  • Konsumsi makanan bergizi, buah-buahan
  • Minum yang cukup untuk cegah dehidrasi
  • Makanlah tepat waktu
  • Hindari atau kelola stress
  • Minum multivitamin

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pusing dan mual dapat disebabkan infeksi saluran pencernaan, diabetes, gangguan telinga, dan kehamilan

Penyebab Pusing dan Mual yang Mungkin Tidak Terpikirkan oleh Anda

Pusing dan mual dapat disebabkan infeksi saluran cerna, diabetes, gangguan telinga, dan kehamilan. Selain itu, pusing dan mual juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang lebih parah dan membutuhkan penanganan segera. Salah satu penyakit yang menyebabkan pusing dan mual adalah ketoasidosis diabetik. Kondisi ini merpakan komplikasi diabetes melitus yang mengancam nyawa.