Apa yang menyebabkan nyeri dada saat menyusui?

JW Info Penanya: JW, Pria, 19 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, dalam beberapa hari ini dada sebelah kiri saya sering sakit seperti tertusuk-tusuk, apa penyebabnya yah dok? Soalnya saya ibu menyusui saya takut ada apa2 dengan payudara saya dok, mohon informasinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, JW.

 

Nyeri dada saat menyusui dapat disebabkan oleh :

1. Galaktokel : Hal ini sangat umum terjadi pada ibu menyusui karena galaktokel adalah sumbatan air susu pada kelenjar di payudara, gejala yang akan dialami adalah nyeri payudara, teraba benjolan keras pada payudara anda. Hal ini terjadi karena ASI pada payudara tidak dikeluarkan sampai benar-benar kosong sehingga air susu akan tersisa pada kelenjar susu dan dapat menyumbat.

2. Mastitis: Pada kondisi ini, payudara akan nyeri dikarenakan perlekatan bayi ke puting yang tidak sempurna, biasanya terjadi pada kondisi bayi baru lahir yang belajar menyusui, tongue tie  adanya tali pada lidah. Gejala yang dirasakan adalah nyeri pada payudara terutama saat proses menyusui, kemerahan, terasa perih, dan demam.

3. Pembengkakan payudara karena produksi ASI yang melimpah yang tidak segera dikeluarkan. Payudara akan tampak membesar, kulit payudara tampak memerah dan mengkilap

4. Nyeri dada akibat jantung, keluhan berupa nyeri dada kiri seperti tertimpa beban berat, nyeri menjalar sampai rahang dan lengan kiri, sesak napas dan berkeringat.

5. Nyeri dada kiri akibat lambung, kondisi ini disebabkan karena peningkatan asam lambung tinggi, gejala yang dialami mual, muntah, nyeri pada ulu hati.

 

Untuk memastikan penyebabnya saya sarankan anda ke dokter ya agar diperiksa langsung dan diberikan pengobatan yang sesuai.

 

Saya sarankan anda selama dirumah dapat melakukan, 

1. Kompres payudara yang nyeri dengan air hangat, dapat dilakukan 2 kali sehari dengan durasi 5-10 menit

2. Pijat payudara anda agar air susu yang menyumbat dapat dikeluarkan

3. Kosongkan payudara anda dengan menyusui anak anda sampai payudara benar-benar kosong, atau jika anak anda sudah kenyang anda dapat memerah susu dengan pompa asi.

4. Jika nyeri tidak tertahankan anda dapat meminum Paracetamol

5. Susui bayi anda 2 jam sekali 

6. Perhatikan ada atau tidak tongue tie atau tali lidah pada anak anda, khawatir nyeri yang anda rasakan karena masalah perlekatan saat menyusui. Jika ditemukan hal tersebut segeralah ke dokter spesialis anak.

7.Gunakan bra yang nyaman, jangan terlalu ketat agar tidak menekan payudara.

 

Saya sarankan perhatikan tanda bahaya nyeri payudara dibawah ini ya,

1. Nyeri disertai dengan benjolan yang makin membesar, disertai dengan perubahan puting yang tertarik kedalam dan mengeluarkan cairan putih berbau, serta badan semakin kurus dan pembengkakan kelenjar getah bening.

2. Nyeri hingga tidak bisa menyusui

3. Demam tinggi

4. ASI yang semakin berkurang

5. Nyeri dada kiri yang menjalar hingga lengan kiri, nyeri seperti tertimpa beban berat dan disertai dengan sesak napas.

 

Semoga bermanfaat

 

Salam Sehat

dr. Karlina Lestari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tongue tie adalah gangguan yang terjadi jika frenulum lidah mengganggu pergerakan lidah bayi

Lidah Bayi Kesulitan Bergerak? Berikut Cara Mengatasi Tongue Tie

Tongue tie adalah gangguan yang terjadi jika frenulum lidah mengganggu ruang gerak lidah bayi. Jika ruang gerak lidah bayi terbatas, proses menyusui juga akan terganggu. Selain itu, gesekan puting dengan lidah atau gusi dapat menyebabkan nyeri pada puting ibu.