Apa yang menyebabkan mual, insomnia, tidak napsu makan?

HI Info Penanya: HI, Wanita, 26 Tahun
Hi dok selamat sore, saya kebutan akhir akhir ini sering sekali berkeringat, ataupun kedingingan. lalu saya juga insomnia, nafsu makan saya hjuga menurun, mulut sayapun terasa pahit, dan dibagian ulu hati saya sakit beberapa kali. saya pun juga sring bersendawa, dan mual dan pusing dan sampai muntah. kira kira itu gejala apa ya dok? apa ini GERD? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi HI,

Berbagai keluhan seperti sering berkeringat, insomnia, napsu makan menurun, mulut terasa pahit, nyeri ulu hati, sering bersendawa, mual, pusing hingga muntah seringkali disebabkan oleh faktor psikologis. Adanya stres berlebihan menyebabkan produksi asam lambung meningkat sehingga muncul keluhan napsu makan menurun, mulut terasa pahit, nyeri ulu hati, sering bersendawa, mual, pusing hingga muntah. Adanya keluhan lambung tersebut akan menyebabkan seseorang menjadi susah tidur dan menjadi terjaga sepanjang malam. Akibat tubuh kurang istirahat akan mengakibatkan pusing di pagi hari, badan terasa lemas, daya konsentrasi menurun. Bila kecemasan bertambah maka seseorang akan menjadi lebih mudah berkeringat.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan-keluhan tersebut adalah :

  1. Kurangi beban pikiran.
  2. Hindari makan makanan pedas, asam, berlemak untuk menghindari keluhan di lambung seperti mual, muntah, sering bersendawa dan perasaan kembung hingga nyeri ulu hati.
  3. Hindari makanan seperti kol, ubi dan hindari minuman berkafein, soda, alkohol yang dapat memperburuk keadaan lambung.
  4. Istirahat cukup.
  5. Makan secara teratur.
  6. Kondisikan kamar tidur senyaman mungkin agar memudahkan tidur dengan cara matikan lampu, hindari suara bising, hindari penggunaan HP atau menonton TV sebelum tidur, atur suhu kamar agar tidak terlalu panas atau dingin.

Bila keluhan ini berlanjut hingga disertai badan lemas, gampang emosi, muncul halusinasi segera konsultasi dengan dokter untuk mendapat pemeriksaan dan penanganan dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mual saat hamil muda juga bisa menjadi indikasi penyakit berbahaya

Mual saat Hamil Muda: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Morning sickness adalah suatu kondisi mual saat hamil muda yang dirasakan ibu hamil pada pagi hari. Mual saat hamil muda disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen dan hormon human chorionic gonadotropin (HCG). Meski tergolong normal, mual saat hamil muda juga bisa menjadi indikasi penyakit berbahaya.