Apa yang menyebabkan mimisan dan migrain ?

SY Info Penanya: SY, Pria, 19 Tahun
Dokter, saya mau tanya untuk beberapa hari ini (4hari) tiap pagi saya sering mimisan dok trs untuk kepala juga sering sakit daerah sblh kiri. Itu kira2 knp ya dok.Saya prmpuan dan usia saya 22 th dok.Terimakasih banyak dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SY.

Mimisan atau epistaxis merupakan perdarahan spontan dari dalam hidung. Diagnosis dan penanganan epistaksis bergantung pada lokasi dan penyebab perdarahan.

Kebanyakan kasus epistaksis (80%-90%) merupakan idiopatik (tidak diketahui penyebabnya). Penyebab epistaksis dapat berupa penyebab lokal maupun sistemik. Penyebab lokal termasuk epistaksis idiopatik, trauma (patah tulang hidung, mengorek hidung terlalu keras), inflamasi, neoplasia/tumor, vaskular, iatrogenik, kelainan struktural, dan obat-obatan seperti semprot hidung, benda asing di hidung. Penyebab sistemik berupa kelainan hematologi (hemofilia, leukemia), lingkungan (temperatur, kelembaban dan ketinggian).

Terkait dengan keluhan anda, mimisan dapat terjadi kapan saja. Jika pagi anda sering mimisan harus di perhatikan apakah cuaca sekitar anda dingin sekali pada pagi hari, atau sering bersin-bersin pada pagi hari, karena cuaca yang terlalu dingin menyebabkan mukosa dalam rongga hidup kering sehingga gampang iritasi yang berakibat mimisan. 

Pertolongan pertama saat mimisan:
-Posisikan kepala agak menunduk, untuk menghindari tersedak.
-Memencet hidung bagian depan selama 10-15 menit, selama pemencetan bernapas lewat mulut, bisa di ulang. Jika tidak berhenti sebaiknya kunjungi dokter.

Sementara sakit kepala sebelah atau migrain, adalah nyeri kepala dengan serangan nyeri yang berlangsung 4-72 jam. Nyeri biasanya unilateral, sifatnya berdenyut, intensitas nyerinya sedang sampai berat dan diperberat oleh aktivitas, dan dapat disertai mual, muntah, fotofobia dan fonofobia.
Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti faktor penyebab migren, diduga sebagai gangguan neurobiologis, perubahan sensitivitas sistem saraf dan aktivasi sistem trigeminal vaskular, sehingga migren termasuk dalam nyeri kepala primer.

Untuk mengurangi keluhan anda, beberapa tips yang bisa anda lakukan :
-Istirahat yang cukup 6-7 jam pada malam hari
-Hindari atau kelola stress
-Jangan mengkonsumsi kopi secara berlebihan
-Makan tepat waktu
-Konsumsi makanan sehat
-Latihan relaksasi otot
-minum obat penghilang nyeri kepala seperti paracetamol

Sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis saraf, keluhan yang anda rasakan bisa juga saling berkaitan, namun dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut seperti anamnesis (tanya-jawab) lebih detail mengenai keluhan anda, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang sesuai indikasi agar diketahui penyebabnya sehingga pengobatan yang di berikan sesuai.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat dapat dilakukan.

6 Tips Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat di Rumah

Cara mengatasi sakit kepala bisa ttanpa obat, seperti kompres air dingin atau hangat di kepala, acupressure, konsumsi air putih dan makanan kaya vitamin B kompleks.