logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
Forum
Psikologi

Apa yang menyebabkan anak kecil bisa melakukan masturbasi?

12 Agt 2023, 15:01

SS

Info Penanya: SS

Selamat sore, dokter. Waktu saya umur 5 thn saya pernah melakukan masturbasi, mastrubasi saya seperti setiap kali saya ke WC sendirian, saya membuka air bidet kloset tapi tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kecil dan saya semprotkan air bidet kloset itu ke (maaf) area uretra saya sampe saya terangsang dan saya udah berhenti melakukan masturbasi pas saya umur 6 thn karena ketahuan sama org tua saya. Skrg ini juga udah banyak balita yang melakukan masturbasi. Itu kenapa ya dok?

Dilihat 166

0 Komentar

SehatQ Logo

Dijawab oleh dr. Liliani Tjikoe

Selamat Pagi SS

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kondisi rasa ingin tahu terhadap area genital sudah terjadi sejak anak berusia sekitar 3 hingga 5 tahun. Sejak umur 1 -2 2 tahun (umumnya balita laki laki) mereka sering memegang penis mereka dan menariknya karena penasaran dan merasa nyaman.  Hal ini wajar terjadi seiring dengan perkembangan aspek psikolog dan otak anak. Saat ini peran orang tua penting dengan melarang dan mengalihkan anak dan dapat menjelaskan bahwa perbuatan tersebut tidak baik. 

Fase ini disebut fase anal ya, dimana pada fase ini anak harus diarahkan terkait dengan organ genital dan adab serta fungsinya. Misalnya ketika anak sudah memasuki fase anal, maka anak dapat diajarkan untuk toilet training (dapat BAK dan BAB sendiri). Kemudianpada kondisi anak sudah lebih besar (diatas 4-5 tahun) anak bisa diajarkan fungsi dari organ genital (vagina dan penis) saluran kencing, payudara, anus dan lainnya. Mereka dapat dijelaskan secara umum dan diberi tahu bahwa organ tersebut termasuk organ genital yang tidak boleh disentuh secara sembarangan. Jika fase anal ini tidak dilewati dengan baik, maka anak dapat tidak terarah dan bisa memiliki fantasi berlebihan terkait organ genitalnya akibat rasa nyaman yang tidak dibendung dan diarahkan sehingga anak bisa melakukan masturbasi.

Tentunya hal ini tidak normal ya Jika anda mengalami hal ini maka sebaiknya bisa memeriksakan kondisi ke psikolog ya agar bisa diperiksa dan dapat dilakukan psikoterapi sesuai kondisi saat ini.

Untuk mencegah hal tersebut terulang maka disarankan anda saat ini tidak sering melihat konten pronografi, menyibukan diri dengan hal lain yang positif dan berusaha mencari hobi lain yang dapat menyenangkan hati ya sehingga pikiran dapat lebih teralih.

 

Anda juga selain itu bisa membaca beberapa forum yang terkait dengan judul dibawah masturbasi :


Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Liliani

tumbuh kembang anakmasturbasi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Beri Komentar

Butuh beberapa saat untuk menampilkan komentarmu.

Diskusi Terkait di Forum

Article Terkait

Advertisement

logo-sehatq
    FacebookTwitterInstagramYoutubeLinkedin

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Perusahaan

Dukungan

Butuh Bantuan?

Jam operasional:
07:00 - 20:00 WIB

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved