Apa yang mengakibatkan kulit sering mengelupas?

GS Info Penanya: GS, Pria, 23 Tahun
Kulit sering mengkelupas akhibat dari apa ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, GS.

Terimakasih atas pertanyaannya.

Pengelupasan kulit adalah kerusakan atau hilangnya lapisan terluar dari kulit yang dapat diakibatkan oleh berbagai faktor. Lokasi dari pengelupasan kulit pun dapat mengarahkan penyebab dari pengelupasan kulit. Umumnya lokasi pengelupasan kulit terletak di daerah tangan, khususnya telapak tangan dan jari-jari tangan. Berikut beberapa faktor yang mengakibatkan kulit mengelupas :

  • Reaksi alergi
  • Faktor iklim yang mempengaruhi kelembapan kulit sehingga kulit menjadi sangat kering
  • Paparan sinar matahari hingga mengakibatkan kulit terbakar (sunburn)
  • Paparan zat kimia yang mengiritasi
  • Faktor dari dalam tubuh seperti penyakit autoimun, eksim (dermatitis), psoriasis, eksfoliative keratolysis dan lain-lain
  • Infeksi

Jika keluhan pengelupasan ini diakibatkan oleh kulit yang kering dan paparan sinar matahari, umumnya dapat membaik dengan penggunaan lotion atau sunblock dan mencukupi kebutuhan cairan setiap hari dengan memperbanyak minum air putih minimal 2 liter/hari, disertai mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B kompleks seperti sayuran hijau, nutritional yeast dan lain-lainnya. Namun, jika setelah mencoba cara tersebut tidak ada perbaikan maka sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter Spesialis Kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Setiap masalah jerawat yang timbul di kulit memiliki jenis dan cara penanganan yang berbeda-beda

7 Macam Jerawat yang Perlu Anda Ketahui

Jerawat adalah gangguan kesehatan kulit yang memiliki berbagai jenis yang perlu Anda kenali untuk mendapat perawatan yang tepat. Hindari menekan atau memencet jerawat karena dapat menyebabkan bekas luka.