Apa yang harus saya lakukan saya terkena perasaan takut mati, sudah 5 tahun dan hal ini membuat saya gelisah dan takut, apa yang harus saya lakukan?

AA Info Penanya: AA, Wanita, 22 Tahun
Dok saya mau tanya, sekitar 5th yang lalu saya terkena perasaan takut mati yang membuat saya berbulan2 sedih dan gelisah, sampai akhirnya sembuh dengan sendirinya, dan sya membaca ttg artikel keagamaan bahwa yang selalu ingat mati itu baik, akhirnya saya berdoa agar selalu ingat mati, tapi akhriny lama kelamaan itu membuat saya gelisah lagi, dan sampai Kepala saya pusing berbulan2, nggliyeng, dan mata saya sangat silau melihat cahaya dok. Akhirnya saya ke rumah sakit mata, ternyata mata saya tidak apa2 malah tak perlu pakai kacamata. Say sering dihantui rasa sedih, kosong, dan takut hal2 yang akan menimpa saya dok, sampai saya kebawa mimpi, sampai sya mau tidur pun takut, nanti mimpi apalagi. Saya takut dok. Apa yang harus saya lakukan dok? Sya juga sudah sholat 5waktu, dan sering zikir. Terimakasih banyk sebelumnya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Keadaan cemas gelisah dan pikiran takut yang Anda alami mungkin suatu kondisi medis yang disebut gangguan cemas, dan umum terjadi. 

Secara medis kemungkinan gejala yang anda alami bisa menunjukan adanya suatu:

  • Gangguan cemas menyeluruh
  • Fobia
  • Gangguan kepribadian
  • Dan penyebab lain

Apabila rasa takut gelisah, cemas yang Anda alami sudah mengganggu fungsi hidup sehari-hari, seperti mimpi buruk, rasa sedih, kosong, seperti yang anda ceritakan Anda sebaiknya memeriksakan kondisi Anda ke dokter spesialis psikiatri (SpKJ), agar dapat ditentukan secara pasti kondisi apa yang Anda alami setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Pada beberapa kondisi hal ini dikarenakan masalah hormonal sehingga dibutuhkan obat-obatan yang hanya dapat diresepkan oleh dokter psikiatri.

Yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kecemasan adalah:

  • Periksakan diri ke spesialis psikiatri
  • Tepis pemikiran negatif dengan logika-logika positif
  • Lakukan olahraga rutin dan aktivitas yang anda gemari untuk mengalihkan fokus dari kecemasan
  • Meditasi, yoga, dan ibadah untuk menenangkan fikiran.
  • Dapatkan support dari keluarga dan sahabat mengenai kondisi Anda.

 

Salam sehat,

dr. Patricia Oktaviani

 

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dengan berkumpul bersama teman-teman dekat, Anda bisa menghindari post-holiday blues.

Post-Holiday Blues Saat Liburan Selesai, Begini Cara Mengatasinya

Post-holiday blues rentan dirasakan orang-orang setelah berlibur. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini. Salah satu cara mengatasinya adalah melakukan me time.