Apa yang harus dilakukan saat tertelan air kolam renang?

A Info Penanya: A
Dokter, malam.. anak saya kemarin terminum air kolam renang. Sampai saat ini sih belum ada reaksi buruk, tapi apa ada yang bisa saya beli di apotek 24 jam untuk mencegah anak saya keracunan atau semacamnya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Berenang adalah salah satu olahraga yang baik untuk segala usia, dimana berenang selain dapat merelaksasi tubuh juga bermanfaat untuk kebugaran dan pemulihan serta pereganan otot dan sendi. Meskipun demikian berenang juga bukan tanpa risiko.

Sering kali air kolam renang diberikan kaporit atau klorin untuk menjaga agar air tetap bersih, mengatasi mikroorganisme atau kuman ataupun juga membuat air kolam lebih jernih. Zat ini bisa berbahaya apabila bercampur dengan urine, untuk itu ajarkan pada anak untuk tidak buang air kecil di dalam kolam

Apabila saat berenang tidak sengaja tertelan air kolam, ada beberapa risiko yang bisa karena pada kolam renang bisa juga terdapat beberapa bakteri dan parasit yang bisa membuat gangguan saluran pencernaan seperti Escherichia coli, Cryptosporidium, Giardia, Shigella dan mikroorganisme lain. Beberapa risiko yang bisa terjadi seperti:

  • Infeksi saluran pencernaan
  • Diare
  • Reaksi alergi atau iritasi 
  • Keracunan kaporit

Jadi perlu diperhatikan pada anak Anda, apabila timbul keluhan pada perut, diare, mual atau muntah bisa diberikan pertolongan pertama dengan memperbanyak asupan cairan dan hindari dehidrasi, bisa berikan penanganan diare seperti pemberian sirup zink dan periksakan pada dokter jika diare atau mual muntah berlanjut. Apabila tidak terjadi keluhan apa-apa tidak perlu dikhawatirkan dan bisa dicegah agar tidak terulang berikutnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proktitis adalah peradangan pada rektum yang timbulkan beragam gejala

Proktitis Adalah Peradangan Rektum, Bisakah Dicegah?

Proktitis adalah peradangan pada rektum, bagian saluran pencernaan yang menghubungkan anus dan usus besar. Penyebab proktitis tersebut dapat beragam, mulai dari infeksi, peradangan pada usus, hingga efek samping antibiotik dan terapi kanker.