Jantung berdebar, gelisah serta berbagai gejala lainnya, apa yang harus dilakukan ?

AP Info Penanya: AP
Dok,saya merasa jantung berdebar cepat,tangan gemetar,rambut rontok yang berlebihan,mudah lelah,sakit kepala,nafsu makan berkurang kadang saya merasa lapar dan saat saya makan merasa mual walaupun hanya sedikit,dan saya juga merasa sangat gelisah.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, APM.

Jantung berdebar, gelisah dan berbagai gejala lainnya dapat disebabkan oleh faktor-faktor dan kondisi medis yang dapat berupa gangguan fisik maupun psikis. Pasalnya terdapat berbagai kondisi medis yang dapat menimbulkan keluhan beragam begitu pula gangguan psikis.

Mengenai keluhan jantung berdebar cepat, tangan gemetar, rambut rontok berlebih, mudah lelah, sakit kepala, nafsu makan berkurang dan mual, serta gelisah yang Anda alami, perlu terlebih dahulu ditelusuri atau diperiksa lebih lanjut untuk dapat mengetahui akar penyebab yang mendasarinya. 

Beberapa kondisi medis yang dapat menimbulkan gejala tersebut diantaranya ialah :

Mengenai keluhan-keluhan yang Anda alami, mungkin terjadi karena salah satu kondisi diatas, namun kemungkinan lainnya pun masih belum dapat disingkirkan tanpa pemeriksaan. Yang perlu Anda lakukan saat ini adalah memeriksakan diri. Pada beberapa kondisi mungkin Anda tidak dapat mengendalikan kegelisahan tersebut karena adanya gangguan di dalam tubuh Anda. 

Untuk sementara keluhan mual yang dialami dapat diatasi dengan konsumsi obat antasida sebelum makan dan nyeri kepalanya dapat dibantu diredakan oleh obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek.

Kendati demikian, yang paling utama adalah mengetahui akar penyebab dari segala keluhan yang dialami, maka ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter Spesialis Penyakit Dalam terlebih dahulu. Jika dokter Penyakit Dalam tidak menemukan kelainan fisik dalam pemeriksaannya maka mungkin benar berupa gangguan psikis dan akan disarankan untuk dirujukan pada Psikiater atau Psikolog.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi hormon tiroid antara lain untuk mengatur otot, tulang, hingga berat badan

Kelebihan dan Kekurangan Hormon Tiroid Bisa Picu Sederet Penyakit

Fungsi hormon tiroid untuk tubuh sangatlah banyak, mulai dari mengatur kerja otot dan tulang hingga menjaga naik dan turunnya berat badan. Sehingga jika kadarnya sampai tidak seimbang, akan banyak masalah kesehatan yang muncul.