Apa yang harus dilakukan ketika dikekang orang tua?

AH Info Penanya: AH, Wanita, 17 Tahun
dok saya mau tanya.di umur saya yang 17 tahun ini,sering sekali bertengkar dengan orang tua karena sesuatu hal,saya merasa tidak dihargai dan tidak dianggap,sejak saat itu saya suka menyendiri terlebih orangtua saya suka membentak dan berkata yg tdk seharusnya,saya juga pernah dok di diemin dan ga diajak ngomong tapi saya selalu dikekang,disitu saya merasakan ketakutan dan berpikiran untuk menyakiti diri saya sendiri.bagaimana dok?bagaimana mengatasinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AH,

Orang tua memiliki cara masing-masing dalam mendidik anak, namun tidak jarang orang tua bisa salah dalam mendidik anak atau orang tua mendidik dengan cara kasar karena punya anggapan bahwa anak tidak dapat dididik secara halus dan selalu melakukan kesalahan berulang-ulang sehingga menimbulkan kejenuhan pada orang tua.

Pada kondisi Anda dimana selalu ribut dengan orang tua hingga merasa ketakutan dan terbesit pikiran untuk menyakiti diri sendiri, hal tersebut tentunya sangat berbahaya. Sebaiknya Anda mencari pihak ketiga yang dapat memfasilitasi antara Anda dan orang tua seperti kakek atau nenek atau saudara orang tua yang lebih tua sehingga orang tua masih segan dan mau mendengarkan orang tersebut. Disini yang terjadi adalah ketidakcocokan antara harapan orang tua dengan keinginan Anda sehingga selalu terjadi percekcokan.

Dimana usia Anda yang masih 17 tahun merupakan masa dimana seseorang masih labil karena masih dalam masa transisi dari anak-anak beranjak ke dewasa yang seringkali merasa sudah benar. Sedangkan orang tua yang sudah jauh lebih tua juga merasa sudah jauh lebih berpengalaman dibanding Anda sehingga mereka juga merasa selalu benar dan merasa bisa memutuskan apa yang terbaik buat Anda. Hal inilah yang menimbulkan perdebatan.

Sebaiknya Anda melakukan mediasi dengan pihak ketiga seperti yang saya jelaskan tadi atau bisa melakukan konsultasi dengan psikolog untuk membantu masalah Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa cara menghilangkan pikiran kotor yang dapat dilakukan

5 Cara Menghilangkan Pikiran Kotor yang Mudah Anda Lakukan

Cara menghilangkan pikiran kotor bisa dilakukan dengan tidur hingga meditasi. Jika gagal, Anda dapat meminta bantuan psikolog. Kenali cara-cara yang bisa dilakukan melalui artikel berikut.