Apa Yang Harus Dilakukan Jika Lipoma Kambuh?

BP Info Penanya: BP, Pria, 28 Tahun
Siang dok, sekitar dua tahun yang lalu, saya mengalami penyakit lipoma. Saya telah melakukan operasi untuk mengangkat lipoma tersebut. Namun, sekarang, lipomanya kembali bertumbuh dan bahkan tumbuh tidak hanya satu buah saja tetapi beberapa buah. Apakah saya harus melakukan operasi lagi? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam Sehat Bapak BP,

Yang dimaksudkan dengan Lipoma adalah tumor jinak dari jaringan lemak dan berada di bawah kulit. Pertumbuhan tumor jinak ini dapat berupa tumor tunggal atau multipel. Terkadang tumor tumbuh cepat namun tetap bersifat jinak. Sifatnya lunak saat diraba, tidak nyeri, dan dapat digerakkan kecuali bila mengenai syaraf maka akan menyebabkan nyeri. Permukaan kulit diatasnya terlihat agak cekung karena tarikan pada jaringan kulit dibawahnya.

Tempat yang disukai untuk tumbuhnya Lipoma adalah di bahu, punggung, bokong, lengan atas, terutama pada orang gemuk, dan di beberapa bagian rongga perut.

Sifat dari lipoma ini sering kambuh (residif) dan pada beberapa orang akan lebih mudah tumbuh karena bersifat keturunan.

Beberapa jenis benjolan yang mirip dengan Lipoma karena mirip adalah Atheroma, Kista Dermoid, Kista Epidermoid, Limfadenitis dan Xantoma. Untuk kepastian jenis tumor, maka Dokter akan melakukan pemeriksaan Histopatologi atau Patologi Anatomi, dari jaringan tumor yang diambil saat pembedahan.  Tujuan pemeriksaan dan penetapan jenis tumor ini adalah supaya pengobatan yang dilakukan dapat terarah dan benar.

Pengobatan yang disarankan untuk Lipoma adalah pembedahan sederhana dengan istilah Ekstirpasi yaitu tindakan pengangakatan seluruh massa tumor yang terletak dibawah kulit beserta kapsul pembungkus tumor. Tumor harus terangkat bersih beserta kapsul pembungkusnya untuk mencegah kekambuhan.

Ekstirpasi ini dilakukan dengan bius lokal di Ruang Praktek Dokter Spesialis Bedah Umum  (SpB) atau Dokter umum . Sebaiknya pembedahan dilakukan secara bertahap dan tidak sekaligus, dengan cara memprioritaskan tumor yang paling besar lebih dulu. Contohnya  ekstirpasi pertama kali dilakukan untuk dua tumor yang berdekatan dan yang ukurannya paling besar, setelah melewati masa penyembuhan luka selama 2 minggu sampai 4 minggu, baru dilakukan ekstirpasi untuk tumor selanjutnya, yan gukurannya lebih kecil.

Bapak dapat mengunjungi Dokter Spesialis Bedah Umum (SpB) untuk diperiksa lebih lanjut dan untuk berkonsultasi.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Headphone bluetooth merupakan salah satu terobosan teknologi yang mudah untuk dibawa, tetapi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan berpotensi merusak kesehatan

Benarkah Radiasi Wifi dan Headphone Bluetooth Berpotensi Merusak Kesehatan?

Teknologi yang pesat membuahkan berbagai hal yang dapat memudahkan kehidupan sehari-hari, seperti wifi dan headphone bluetooth, tetapi kedua teknologi tersebut memancarkan gelombang elektromagnetik yang berisiko bagi kesehatan.