Apa yang harus dihindari saat bertengkar dalam hubungan?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dokter kebetulan pacar saya itu termasuk orang yang tempramental. Mudah sekali marah. Ada sarankah apa yang harus saya lakukan supaya hubungan kami bisa bertahan dengan baik?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Pacaran adalah masa penjajakan untuk lebih saling mengenal antara kedua belah pihak sebelum melanjutkan ke jenjang yang lebih serius yakni pernikahan.

Untuk menjalin hubungan yang baik diperlukan kejujuran dan saling terbuka serta rasa saling pengertian karena tentunya dibutuhkan waktu untuk beradaptasi,  menyatukan 2 insan yang berbeda.

Bila Anda memiliki pasangan yang temperamental, coba bicarakan baik-baik perihal apa yang menyebabkan kemarahannya. Tentunya Anda perlu bersikap jujur dan jangan sekali-kali menyembunyikan sesuatu dari pasangan Anda.

Lakukan komunikasi perihal apa yang dimau dari pasangan dan Anda sendiri. Bicarakan dengan santai, dan jauhkan perasaan mau menang sendiri. Usahakan dengarkan dahulu apa yang diminta pasangan Anda.

Intinya untuk menjalin hubungan yang baik dibutuhkan komunikasi antara kedua belah pihak, kejujuran, dan rasa saling mengerti dan perhatian. Hindari menyalahkan pasangan tanpa ada bukti yang jelas. Semuanya perlu dibicarakan baik-baik, dan hindari berkomunikasi bila sedang emosi tinggi. Cari waktu luang bila pikiran sudah tenang baru ajak pasangan untuk berbicara.

Bila pasangan Anda sudah sangat temperamental misal sampai memukul, maka ajak pasangan Anda konseling dengan psikolog agar bisa diterapi dengan baik.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bila Anda merasa tidak sabar dan mudah tersinggung, bisa jadi ada masalah mental

Mudah Marah, Bisa Jadi Gejala Gangguan Mental

Wajar jika Anda pernah marah karena masalah tertentu. Namun, menjadi tak wajar apabila Anda mudah marah dan meledak-ledak. Mudah marah yang tidak terkendali bisa mengindikasi gangguan mental seseorang.