Apa yang harus di lakukan jika cantengan sering kambuh

RA Info Penanya: RA, Pria, 19 Tahun
Dokter saya ingin bertanya. Kedua jari jempol saya centengan. Malah sudah lama bertahun tahun dari sejak saya SD. umur saya sekarang sudah menginjak 30 tahun. Bagaimana solusinya dok. Apakah harus di operasi kuku saya?. Kadang saya risih kalau pake sandal, dikarenakan kuku saya jelek dan bau. Mohon bantuannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, R.

Cantengan merupakan kondisi dimana bagian sisi samping kuku tumbuh menekan jaringan lunak/kulit di sekitarnya, yang mengakibatkan nyeri, kemerahan, bengkak dan terkadang infeksi. Cantengan biasanya terjadi pada jempol kaki.

Kondisi seperti ini dapat sembuh namun dapat kambuh kembali. Jika anda mempunyai penyakit diabetes melitus (kencing manis) atau gangguan aliran darah pada kaki, cantengan bisa menimbulkan komplikasi.

Penyebab cantengan :
-Memakai sepatu yang terlalu sempit
-Menggunting kuku jari kaki terlalu pendek
-Cedera/trauma
-Bentuk kuku jari kaku yang tidak biasanya

Yang dapat anda lakukan untuk mengurangi keluhan adalah jaga kebersihan jari kuku, memakai sepatu yang sesuai, gunting kuku jangan terlalu pendek, jika ada tanda infeksi seperti adanya nanah segera ke dokter agar mendapat pengobatan yang sesuai. Karena keluhan yang rasakan sudah bertahun-tahun dokter bisa menggunting sebagian jari kuku kaki dengan atau tanpa kulit di sekitarnya tergantung kondisi jari kuku saat di periksa.

Untuk lebih jelas tentang cantengan, anda dapat simak disini.

Salam Sehat
dr.Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala cantengan adalah pembengkakan pada jari

Kuku Terasa Sakit Sekali, Bagaimana Cara Mengobati Cantengan?

Cantengan atau paronychia adalah kondisi infeksi pada kuku. Cantengan biasanya ditandai dengan kemerahan dan bengkak di sekitar kuku yang disebabkan oleh pemotongan kuku yang terlalu pendek.