Apa yang dimaksud suntik implan?

M Info Penanya: M, Wanita, 27 Tahun
Suntik impan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MC,

Implan adalah salah satu metode kontrasepsi yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan. Penggunaan implan sendiri adalah dengan menyuntikan alat implan di lengan atas dimana nantinya akan memberikan perlindungan yang efektif dan bisa bertahan dalam waktu lama.

Kelebihan dari metode implan sendiri adalah waktu perlindungan yang lama sekitar 3 tahunan, mudah dipasang dalam waktu singkat, perlindungan efektif dan juga tidak perlu dikonsumsi setiap hari seperti pil KB. Sedangkan efek samping yang dapat timbul adalah seperti memicu peningkatan berat badan, gangguan menstruasi, nyeri di area dimasukannya implan, hanya bisa di lepas oleh tenaga kesehatan, dan juga perlu waktu untuk bisa hamil setelah implan dilepas.

Untuk itu kami juga lampirkan artikel mengenai jenis-jenis KB agar membantu Anda menentukan metode kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi Anda dan pasangan. Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter atau bidan untuk pemilihan jenis KB yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat pil KB adalah mengatasi gangguan siklus haid

9 Manfaat Pil KB Selain Mencegah Kehamilan

Manfaat pil KB yang utama adalah untuk mencegah kehamilan. Namun alat kontrasepsi ini ternyata bisa digunakan untuk mengatasi kondisi kesehatan lain. Misalnya, gangguan siklus haid, gejala PMS, migrain, dan banyak lagi.