Apa yang dimaksud oxygen test pada hipertensi pulmonal?

OG Info Penanya: OG, Wanita, 1 Tahun
Dok mau tanya kalo ph high flow high resistance raektif dengan oxygen test itu maksdudnya ap yah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang OG,

Hipertensi pulmonal atau Pulmonary Hypertension (PH) adalah kondisi dimana tekanan darah tinggi pada arteri pulmonal yang membuat jantung bekerja lebih keras untuk bisa melalui paru-paru yang bisa membuat otot jantung melemah secara perlahan. Kondisi hipertensi pulmonal sendiri bisa disebabkan oleh gangguan jantung atau paru seperti misalnya penyakit jantung bawaan ataupun kasus yang lebih langka yaitu hipertensi pulmonal tanpa penyakit penyebab.

Gejala dari hipertensi pulmonal diantaranya sesak napas, mudah lelah terutama jika berjalan, pusing, bisa menyebabkan pingsan mendadak, nyeri dada, pembengkakan pada kaki, bibir dan kuku tampak kebiruan dan lainnya.

Untuk mengetahui atau mendiagnosa hipertensi pulmonal dilakukan beberapa tes seperti lab darah, rekam jantung, USG jantung atau echocardiogram, pencitraan dengan CT scan atau MRI, tes vasoreaktivitas pulmonal salah satunya dengan oksigen tes dan yang merupakan gold standar adalah kateterisasi jantung.

Jika pada tes vasoreaktivitas menggunakan oksigen tes reaktif dapat mungkin menandakan hipertensi pulmonal yang disebabkan oleh penyakit jantung kongenital tetapi pemeriksaan ini tidak jarang memberikan hasil positif palsu dan menyebabkan interpretasi yang salah untuk itu perlu dibandingkan juga dengan pemeriksaan lainnya. Konsultasikan pada dokter yang melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan informasi dan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

L
20 Nov 2019, 11:41
Sangat informatif, terima kasih dokter.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masalah kesehatan pria yang berbahaya dapat berupa kanker prostat dan penyakit jantung

6 Risiko Masalah Kesehatan yang Bisa Menyerang Pria

Pria memiliki risiko terkena berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, sebagian bahkan dapat berakibat fatal. Kanker paru-paru dan kanker prostat merupakan beberapa contoh dari masalah kesehatan tersebut.