26 May 2020, 17:30Pernapasan

Apa yang dimaksud dengan vaksin pneumonia?

WI
Info Penanya: WI, Wanita, 30 Tahun
Dokter, sebetulnya vaksin pneumonia itu perlu dilakukan atau bagi penderita masalah pernapasan saja? Apa manfaat dari vaksin pneumonia?
10020 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat sore, WI. Terimakasih atas pertanyaan Anda.Pneumonia merupakan penyakit infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri (Streptoccocus), virus influenza, dan jamur. Untuk mencegah penyakit ini selain dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat juga menggunakan vaksin.Vaksin pneumonia terdiri dari dua yaitu vaksin PCV13 untuk anak-anak dan vaksin PPSV23 untuk orang dewasa. Vaksin ini dapat digunakan untuk orang dewasa yang berusia 65 tahun ke atas atau usia 2-64 tahun. Pemberiannya dalam dosis tunggal atau satu kali pemberian saja.Selain itu, bisa juga menggunakan vaksin HIB (Haemophilus influenzae type B) untuk mencegah penyakit ini. Hingga saat ini, vaksin pneumonia hanya bekerja untuk mencegah penyakit pneumonia yang disebabkan oleh bakteri dan virus influenza saja. Menyuntikkan sesuatu ke dalam tubuh tentunya pasti akan ada efek samping.

Berikut ini merupakan efek samping dari vaksin pneumonia:

  • Demam ringan, dengan suhu 37 sampai 38 derajat Celcius
  • Iritasi, kemerahan, dan bengkak pada lokasi penyuntikan vaksin
  • Khusus bayi dan anak-anak: rewel, sulit tidur, dan tidak nafsu makan
Di samping itu, reaksi alergi terhadap bahan-bahan dalam vaksin juga bisa terjadi, dengan tingkat keparahan ringan sampai berat.Komplikasi paling berat adalah syok anafilaksis. Kondisi ini ditandai dengan saluran napas yang bengkak sehingga penderitanya sulit bernapas. Penderita harus segera dibawa ke ke rumah sakit.Semoga bermanfaat.Salam sehat, dr.Sri Wulantini
vaksin bayi dan anakinfeksi saluran pernapasanpneumonia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil