Apa yang dimaksud dengan toxic parents?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Pagi dokter. Sudah beberapa hari ini saya merasa sedikit tertekan dengan tuntutan-tuntutan yang diberikan keluarga saya, terutama dari orang tua. Kadang saya merasa lelah dan pusing karena ini. Apa ini termasuk toxic parents?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Toxic Parents tidak hanya berlaku untuk orangtua yang memiliki perilaku buruk, seperti melakukan kekerasan fisik atau verbal. Toxic Parents juga berlaku untuk orangtua yang melakukan tindakan-tindakan yang bisa meracuni keadaan psikologis anak.

Apa saja perbuatan yang masuk dalam katagori Toxic Parent?

  1. Ekspektasi dan menuntut berlebihan
  2. Membicarakan keburukan anak
  3. Egois dan kurang empati pada anak
  4. Melontarkan candaan yang mengecilkan hati anak
  5. Selalu menyalahkan anak
  6. Emosional
  7. Kurang menghargai anak
  8. Mengungkit apa yang telah dilakukan anak

Toxic Parents memberikan efek negatif yang sangat besar untuk anak-anak. Anak-anak bisa tersiksa secara mental. Anak tipe penurut akan berusaha sekeras mungkin untuk membahagian orangtuanya dengan cara menekan segala hal yang mereka inginkan. Di sisi lain, anak tipe pemberontak akan menjelma menjadi pembangkang untuk orangtuanya.

Keduanya jelas bukan suatu hal yang baik. Toxic parents berdampak pada keadaan psikologis anak. Anak-anak bisa menderika sakit mental maupun fisik. Anak-anak bisa mengalami stres berkepanjangan. Efek paling buruknya adalah anak bisa mencontoh perilaku tersebut, terutama untuk anak-anak mereka kelak. Jadi sebaiknya pilihlah asuhan yang tidak menjadikan toxic parents pada anak. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi ke psikolog atau psikiater.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Delusi merupakan suatu kepercayaan yang kuat akan sesuatu namun tidak sesuai dengan kenyataannya

Mengenal 6 Jenis Delusi

Delusi adalah suatu kepercayaan yang kuat akan sesuatu namun tidak sesuai dengan kenyataannya. Delusi dapat dialami oleh penderita skizofrenia, psikosis, dan bipolar. Delusi memiliki 6 jenis yang mungkin tiap penderita berbeda-beda dalam mengalaminya.