Apa yang dimaksud dengan rinitis alergi ?

L Info Penanya: L, Wanita, 18 Tahun
Dok,, saya ingin bertanya, kenapa ya setiap di udara atau cuaca dingin hidung saya selalu tersumbat dan susah buat nafas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, L.

Keluhan yang anda rasakan kemungkinan adalah rinitis alergi adalah kelainan pada hidung dengan gejala bersin-bersin, rinore/keluar ingus, rasa gatal dan tersumbat setelah mukosa hidung terpapar alergen (pencetus reaksi alergi). Faktor genetik dan herediter/keturunan sangat berperan pada kondisi ini.

Gejala rinitis alergi yang khas ialah terdapatnya serangan bersin berulang. Gejala lain ialah keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak, hidung tersumbat, hidung dan mata gatal, yang kadang-kadang disertai dengan banyak air mata keluar (lakrimasi). Kadang-kadang keluhan hidung tersumbat merupakan keluhan utama atau satu-satunya gejala yang diutarakan oleh pasien.

Namun untuk memastikan penyebab dan diagnosis, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis THT agar mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan anamnesa (tanya-jawab) lebih detail mengenai keluhan anda, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi.

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Reaksi alergi dari antibiotik dapat menyebabkan kulit melepuh dan mengelupas

Kulit Melepuh dan Mengelupas Bisa Saja Berkaitan dengan Alergi Antibiotik

Antibiotik adalah jenis obat yang paling sering menimbulkan reaksi alergi. Reaksinya bisa ringan hingga berat, salah satu reaksi alergi antibiotic yang berat adalah Stevens-Johnson Syndrome yang menyebabkan kulit melepuh dan mengelupas.